Padang (UNAND) - Lima Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat se-Kabupaten Agam mengunjungi Universitas Andalas dalam mengenal lebih dekat terkait sosialisasi penerimaan mahasiswa baru.

Adapun kelima sekolah tersebut yakni SMAN 1 Banuhampu, SMAN 1 Palupuah, SMAN 1 Palembayan, SMAN 1 Sungai Puar, dan Madrasyah Aliyah Negeri (MAN) 3 yang berlangsung di Gedung Auditorium Kampus Limau Manis pada Kamis (26/10) disambut langsung oleh Direktur Pendidikan dan Pembelajaran dr. Nur Afrainin Syah M.Med.Ed, Ph.D

dr. Nur mengucapkan selamat datang di kampus hijau Universitas Andalas, semoga bisa melanjutkan pendidikan di kampus ini. Selanjutnya penyampaian materi diberikan oleh Dr. Muhammad Yusra (Dosen Hubungan Internasional).

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA 1 Sungai Pua Dra. Nani Amilia M.Pd menyampaikan terimakasih kepada pihak Universitas Andalas. “Mudah mudahan kehadiran ini dapat memberikan harapan yang lebih baik untuk siswa-siswi kami bisa diterima di Universitas Andalas," ucapnya.

Disampaikan Nani, kehadirannya disini bersama dengan sekolah-sekolah lain, ingin lebih detail informasi terkait proses penerimaan mahasiswa baru dan bagaimana kiat-kiat supaya diterima di Universitas Andalas.

Sementara itu, Yusra mengemukakan tidak semua siswa diberikan dengan bakat yang sama,  pilihlah jurusan yang sesuai dengan bakat yang disenangi. Dikatakannya, Negara Indonesia merupakan Negara Agraria terbesar di Asia tetapi beras masih impor dari negara lain.

“Kenapa ananda semua tidak ada yang mau masuk jurusan Pertanian, disaat kita masih impor dalam berbagai bidang pertanian saat ini,” ucapnya. Lebih lanjut, ia mengatakan saat tinggal empat tahun di Eropa, melihat petani menggunakan alat alat yang canggih.

“Begitu juga dengan ilmu lain seperti peternakan, sejarah, fisika, antropologi, sastra daerah dan yang lain, di mana semuanya punya keunggulan masing-masing,” ujarnya.

Dikatakannya, tidak semua mesti harus masuk ke kedokteran, ada banyak disiplin ilmu lain yang bisa diambil. “Saat ini Universitas Andalas memiliki 55 program studi (Prodi) untuk Program Sarjana dan Diploma, yang sebagian juga sudah terakreditasi internasional,” pungkasnya.

Humas, Protokoler dan Layanan Informasi Publik