Padang (UNAND) - Mahasiswa hingga dosen pendamping Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Andalas (UNAND) berhasil merebut 3 penghargaan di penutupan Penilaian Kemajuan Pelaksanaan PKM (PKP2) yang dilaksanakan oleh Kemdikbudristekdikti pada Sabtu (28/10) lalu.

Prof. Dr.Eng. Ir. Muhammad Ilhamdi Rusydi, S.T.,M.T., keluar sebagai salah satu dari 6 dosen pendamping PKM terbaik di Indonesia, setelah berhasil meloloskan 8 tim untuk pendanaan PKM 2023 dari total 10 tim yang didampinginya.

Penghargaan berikutnya diraih oleh Tim Smart Showroom Songket skema Penerapan Iptek (PKM PI). Tim Smart Showroom berhasil meraih penghargaan urutan ke-1 Tim dengan Sosial Media terbaik. Tim diketuai oleh Rezza Fiqrathul Putra (Teknik Mesin 20) dan 4 anggota yaitu: Aina Malyona (Teknik Elektro 21), Muhammad Fathurrahman (Teknik Mesin 20), Ulia Putra (Teknik Komputer 20), serta Tessa Rahma Putri (Sastra minangkabau 20). Tim dibawah dampingan Dr. Eng. Ir. Dendi Adi Saputra M, S.T.,M.T ini unggul di antara 5.102 tim pendanaan lainnya.

Penghargaan terakhir diraih oleh Tim Arunika skema Pengabdian Masyarakat (PKM PM). Tim Arunika berhasil mendapat penghargaan urutan ke-3 Tim terbaik PKM PM. Tim diketuai oleh Dede Ismail  (Teknik Elektro 20), dan 4 anggota diantaranya; M.Qolbi Al Zikrii (Teknik Elektro 20), Heru Kurniawan (Teknik Elektro 20), Kevin Imam Satria (Teknik Elektro 21), Yuman Khairiyah Riviani (Teknik Lingkungan 20). Tim Arunika didampingi oleh Prof. Dr.Eng. Ir. Muhammad Ilhamdi Rusydi, S.T.,M.T. Tim Arunika mendapatkan penghargaan setelah berhasil unggul dari 786 tim pendanaan lainnya.

Pelaksanaan PKP2 sendiri dilaksanakan secara daring dengan tuan rumah Universitas Gunadharma, Depok, Jawa Barat.

Keberhasilan yang diraih oleh tim PKM UNAND ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi tim PKM UNAND kedepannya agar menjadi lebih baik serta untuk menjadi dorongan kuat agar lebih banyak tim yang lolos ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-36 yang diadakan di Universitas Padjajaran tahun depan.

 

Humas, Protokol, dan Layanan Informasi Publik UNAND