Padang (UNAND) - Dr. Efa Yonnedi, SE. MPPM, Akt, CA, CRGP terpilih menjadi Rektor Universitas Andalas periode 2023-2028 dalam pemilihan oleh Majelis Wali Amanat (MWA) di Convention Hall Kampus Limau Manis, pada Selasa (31/10).

Efa Yonnedi berhasil meraih suara terbanyak dengan 20 suara dari total 25 suara MWA, sedangkan dua calon rektor lainnya yaitu Prof. apt. Fatma Sri Wahyuni, Ph. D meraih 3 suara, dan Prof. Ikhwana Elfitri, Ph. D meraih 2 suara.

Proses pemilihan ini dipimpin langsung oleh Ketua MWA Universitas Andalas Ir. Sakti Wahyu Trenggono, MM didampingi perwakilan Mendikbudristek yakni Dirjen Diktiristek Prof. Ir. Nizam, Ph. D, Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Yuliandri, SH, MH, dan Wakil Ketua MWA Prof. Dr. Werry Darta Taifur, SE, MA.

Sebanyak 17 Anggota MWA hadir dalam pemilihan itu termasuk dari perwakilan tokoh masyarakat Ir. Arcandra Tahar, Ph. D dan Komjen Pol (Pur) Drs. Suhardi Alius, M.H serta IKA Alumni Dr. apt Gustian, S. Si, M. Kes

Wahyu Trenggono yang juga merupakan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia menilai pemilihan Rektor Universitas Andalas sangat demokratis karena melibatkan berbagai unsur sivitas akademika, mulai dari alumni, tenaga kependidikan (tendik), mahasiswa, dosen, Senat Akademik Universitas, dan unsur masyarakat.

Ia menyebutkan dari 12 calon rektor yang mengikuti pemilihan sejak awal, tiga nama teratas dinilai memiliki rangking terbaik sehingga diusulkan masuk ke tingkat MWA.

“Sebelum dipilih oleh MWA, ketiga calon tersebut terlebih dahulu diuji di tingkat kementerian dan kemudian baru diputuskan melalui pemilihan secara langsung melalui rapat pleno MWA,” sambungnya.

Ia berharap hasil ini merupakan yang terbaik untuk kemajuan Universitas Andalas ke depan. Terkait pelantikan rektor oleh MWA akan dilaksanakan pada 24 November 2023 mendatang.

Sementara itu, Efa Yonnedi menyatakan siap dan komit untuk mentransformasikan Universitas Andalas menuju universitas kelas dunia dan kontributif bagi masyarakat dan bangsa.

"Saya bukan orang terbaik di Universitas Andalas, tetapi MWA sudah memberikan kepercayaan, maka untuk itu mari bersama-sama membangun Universitas Andalas," ujar Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) ini. (*)

Humas, Protokoler dan Layanan Informasi Publik