Jepang (UNAND) - Staf Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Prof. dr. Hardisman, M.HID., Dr.PH dan Yulizawati, SSiT, MKeb serta juga Dekan FK-UNAND Prof. Dr. dr. Afriwardi, Sp.KO, MA, berkunjung ke Graduate School of Medicine/ Faculty of Medicine, Universitas Osaka.

Prof. Hardisman mengungkapkan kunjungan ini memenuhi undangan untuk melaksanakan pertukaran staf antar kedua institusi khususnya, Division of Health Sciences, Department of Midwifery and Woman Health pada 23-27 Oktober yang lalu.

Kehadiran Tim FK-UNAND disambut oleh Prof. Kei Kamide, Dean of Division of Health Sciences dan Prof. Hiroko Watanabe, Head Department of Midwifery and Woman Health, serta beberapa staf lainnya dari departemen midwifery, health promotion, ataupun Obgyn; Prof. Mie Shiraishi, Prof. Mai Kabayama, Prof. Masayuki Endo, Ast. Prof. Hanna Horiguchi, Ast. Prof. Kaori Kinouchi.

Pada kegiatan tersebut telah dilakukan diskusi ilmiah dengan mempersentasikan bidang pakar masing-masing baik yang berkunjung ataupun para Dosen/Profesor tuan rumah di Jepang.  

Selain itu, dikatakannya juga melakukan penandatanganan dokumen kesepakatan kerja sama antara Universitas Andalas khususnya Fakultas Kedokteran dengan Graduate School of Medicine Universitas Osaka, yang pada saat pertama ini diinisiasi dengan Pendidikan Sarjana/Profesi Kebidanan.

“Pada penandatanganan kerja sama tersebut juga dihadiri dan disaksikan oleh Pejabat dari Konsula Jendral RI di Osaka, yang dalam hal ini adalah Konsul Bidang Penerangan dan Sosial Budaya Anak Agung Ngurah Andy Laksmana, dan Konsul Muda Widio Wize Ananda Zen, beserta staf,” tutunya yang juga merupakan Wakil Dekan II Fakultas Kedokteran. 

Melalui, kerja sama ini dikatakannya, Division of Health Sciences membuka peluang untuk kolaborasi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dengan depertemen terkait dibawahnya, serta melakukan identifikasi peluang bersama professor dan departemen-depertemen terkait.

“Kegiatan pertukaran akademik ini akan terus berlanjut, terutama dengan telah ditandatangani dokumen kerja sama antar kedua institusi,” ujarnya. Dalam waktu dekat juga akan ada kuliah atau professor tamu, dari Profesor Graduate School of Medicine, Universitas Osaka Jepang di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.

Lebih lanjut, Prof. Hardisman mengatakan dalam kesepakatan kerja sama itu juga dituangkan diperluas dan akan dilaksankan pertukaran mahasiswa antar kedua instutusi.

“Rencana kegiatan dimulai dengan pengiriman mahasiswa Profesi Bidan dari Universitas Osaka ke Fakultas Kedokterna Universitas Andalas awal tahun 2024, selanjutnya akan dilakukan pengiriman mahasiswa Profesi Bidan ke Graduate School of Medicine yang direncanakan pada bulan Juni 2024,” pungkasnya.(*)

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik