Padang (UNAND) – Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Yuliandri, SH, MH melepas 29 Kafilah yang akan mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Mahasiswa Nasional XVII di Universitas Brawijaya, Malang dari tanggal 3-10 November 2023.

Berlangsung di Ruang Studio lantai II Pusat Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kampus Limau Manis pada Kamis (2/11) juga dihadiri dosen pendamping dan Direktur Kemahasiswaan Khandra Fahmi, Ph. D.

Khandra mengungkapkan salah satu tujuan Pendidikan Nasional, sebagaimana diamanahkan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), adalah untuk mencetak manusia Indonesia yang berilmu pengetahuan, beriman, bertakwa kepada Allah SWT, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, disiplin, serta sehat jasmani dan rohani.

“Pembangunan manusia Indonesia seutuhnya, termasuk bina mental-spiritualnya, hanya dapat diwujudkan melalui metode, strategi, dan kegiatan yang tepat dan bernilai manfaat,” jelasnya.

Disebutkan Khandra 29 mahasiswa ini yakni Salim Asfari dan Arfan Siratul Fajri mengikuti Tilawatil Qur’an Putra. Viona Vonlihani dan Charisma Najwa Salam mengikuti Tartil Qur'an Putri, Rahmat Hidayat (Qira'ah Sab'ah Putra), Laura Prissa Utama (Qira'ah Sab'ah Putri). M. Dwi Auzan Hilman dan Wafa Hanif Purba mengikuti Hifzil Quran 20 Juz Putra, Naila Aisha Fitriani dan Sharila Mahdiya mengikuti Hifzil Quran 20 Juz Putri, Zaim Zahid Ashim (Hifzil Quran 30 Juz Putra), Iffah Annadiyah (Hifzil Quran 30 Juz Putri).

Raisa Ainul Mardiyah, Nursyarifa Mustafa, dan Intan Deora Doriska mengikuti Fahmil Quran Putri. Attahyattul Septa, Shallu Lovea Zuhanaza, Marsha Dia Belfa mengikuti Fahmil Quran Putri. Lalu, Attahyattul Septa, Shallu Lovea Zuhanaza, Marsha Dia Belfa mengikuti Syarhil Quran Putri.

Hafid Yudiaska (Khatil Qur'an Kotemporer Putra), Farhany Mayora (Khatil Qur'an Kotemporer Putri), Muhammad Ilham Syafrincel dan Muhammad Abdurrafi Naufal mengikuti Debat Bahasa Arab Putra. Aliffa Oktanofrida Hade dan Nabila Maharani Irzeni Putri mengikuti debat Bahasa inggris putri. Hildayatul Rizki dan Siti Nur Irfani mengikuti KTIQ Putri. Nadilla Saraswati, Intan Yuliana Putri, dan Vira Yulia mengikuti Desain Aplikasi Quran Putri.

Senada dengan itu, Rektor Yuliandri menuturkan mahasiswa, sebagai generasi penerus masa depan bangsa merupakan sumber daya manusia yang perlu ditempa dengan baik dan serius, tidak hanya sebatas penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologinya, akan tetapi juga pengembangan karakter dan kepribadiannya.

Lebih lanjut, ia mengatakan Universitas Andalas dalam penerimaan mahasiswa baru juga menerima dari jalur tahfidz atau yang mempunyai pemahaman dan kemampuan dalam membaca alquran.

“Ini sebagai upaya untuk mensyiarkan ajaran islam terutama bagi genarasi muda khususnya mahasiswa,” ungkap rektor. Nantinya yang sudah lulus akan terus dibimbing dan dilatih oleh Universitas Andalas yang bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ), dan institusi lainnya.

Ia berpesan untuk tetap menjaga kesehatan dan berharap yang mengikuti MTQ mahasiswa nasional ini dapat melakukan yang terbaik dan mengharumkan nama baik universitas.(*)

Humas, Protokoler dan Layanan Informasi Publik