Padang (UNAND) - Unit Layanan Disabilitas (ULD) Universitas Andalas menyelenggarakan pelatihan bahasa Isyarat Dasar bagi mahasiswa dari berbagai Program Studi (Prodi) di lingkungan kampus.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari dari tanggal 4 - 5 November 2023 yang diikuti 30 mahasiswa.

Direktur Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Andalas dr. Nur Afrainin Syah, M.Med.Ed., Ph.D menuturkan pentingnya upaya memberikan Pelatihan Bahasa Isyarat Dasar bagi mahasiswa.

“Ini upaya Universitas Andalas menjadi kampus inklusif, karena itu Pelatihan Bahasa Isyarat Dasar ini penting diberikan kepada mahasiswa agar mampu membantu mahasiswa penyandang disabilitas tuli dalam proses pembelajaran di kampus,” ujarnya.

Menurutnya, melalui pelatihan ini universitas telah mendemonstrasikan komitmenya terhadap nilai-nilai insklusi, kesetaraan, dan keberagaman.

Sementara itu, Ketua ULD Dr. Rozi Sastra Purna, M.Psi., Psikolog mengatakan saat ini ULD membutuhkan relawan mahasiswa dari setiap fakultas, untuk meningkatkan kemampuan bahasa isyarat agar memudahkan berkomunikasi dengan mahasiswa difabel.

“Maka dari itu ULD menyelenggarakan pelatihan bahasa Isyarat Dasar bagi mahasiswa di lingkungan Universitas Andalas,” sambungnya. Pelatihan ini disampaikannya akan memberikan dampak positif bagi universitas, khususnya terhadap teman tuli di mana Bahasa isyarat menjadi komunikasi utama baginya.

Ke depan ia juga akan mengadakan pelatihan Bahasa isyarat ini bagi tenaga kependidikan (tendik) sebagai bagian dari layanan yang akan dilaksanakan secara bertahap.

Pelatihan ini difasilitasi oleh Juru Bahasa Isyarat dan 2 guru bahasa isyarat dari mahasiswa difabel tuli Universitas Andalas di antaranya adalah Aldo Agustio, dan Frizka.(*)

Humas, Protokoler dan Layanan Informasi Publik