Padang (UNAND) – Universitas Andalas menyambut enam sekolah yakni SMAN 3 Payakumbuh, SMAN 2 Rambatan, SMAN 1 Kapur Sembilan, SMAN 3 Padang Panjang, Pondok Pesantren Modern Al Kautsar Muhammadiyah Lima Puluh Kota, SMA Swasta Islam Terpadu Mutiara Riau dalam rangka studi kampus.

Bertempat di Gedung Convention Hall Kampus Limau Manis disambut langsung oleh Kasubdit Administrasi, Data & Informasi Pendidikan Asrul Ikhya, SAP, MAP dan Dr. Tesri Maideliza serta tim humas.

Asrul menyebutkan Universitas Andalas sudah berstatus PTNBH sejak 2021 lalu, dan memperoleh keleluasaan akademik serta non akademik.

“Salah satu keuntungannya adalah dapat membuka program studi sesuai dengan keinginan pasar dan juga memiliki kesempatan untuk menambah kuota dalam penerimaan mahasiswa baru,” terangnya. 

Dikatakannya, sejak berubah status menjadi PTN BH, Universitas Andalas sudah membuka 15 Program Studi (Prodi) baru di antaranya Informatika, Ekonomi Islam, Arsitektur dan tahun depan akan menerima mahasiswa baru untuk Prodi Kewirausahaan.

Sementara itu, Tesri Maidaliza mengatakan Universitas Andalas merupakan kampus dengan akreditasi A sejak tahun 2014-2022 dan kini berakreditasi unggul sejak 3 Desember 2022.

Ia menjelaskan ada tiga jalur penerimaan mahasiswa tahun 2024 yakni SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi), SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes), dan Seleksi Masuk (SIMA). 

“Untuk tahun ini, Universitas Andalas membagi SIMA menjadi enam jenis yakni berdasarkan kemampuan akademik (SIMA AKADEMIK) prestasi unggul (SIMA Prestasi), disabilitas (SIMA Disabilitas), kerja sama (SIMA Kerja Sama), mahasiswa internasional (SIMA Internasional), dan SIMA Kelas Internasional,” tambahnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan saat ini aturan mengenai lintas jurusan oleh siswa SMA sudah tidak sama seperti dulu. “Siswa dari jurusan IPA dan IPS dapat dengan bebas memilih jurusan yang diinginkan,” pungkasnya.(*)

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik