Padang (UNAND) – Pekan Konstitusi XIV resmi ditutup oleh Rektor Universitas Andalas Prof. Yuliandri, MH di Gedung Serba Guna Fakultas Hukum pada Selasa (7/11).

Rektor menyampaikan Pekan Konstitusi merupakan upaya untuk membentuk budaya sadar berkonstitusi dan juga membangun iklim ilmiah hukum.

Selain itu, ini juga bagian untuk mengaktualiasasikan nilai-nilai konstitusi, demokrasi dan antikorupsi kepada masyarakat, dan yang tidak kalah pentingnya menyosialisasikan persiapan penyelenggaraan Pemilu 2024.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan sumbangan positif bagi akselerasi semua organ negara dan warga dalam menjaga agar nilai-nilai konstitusi dapat tetap hidup dalam semua aspek kehidupan yang ada.

Sementara itu, Direktur Pusat Studi Konstitusi (PUSaKO) Dr. Charles Simabura, MH menyampaikan peserta yang mendaftar sebanyak 26 sekolah yang juga terdiri dari guru, dan peserta lomba cerdas cermat sebanyak 36 sekolah, Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) sebanyak 19 siswa dan pidato sebanyak 26 sekolah.

“Semua peserta yang mendaftar berasal dari berbagai provinsi seperti Riau, Bangka Belitung, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan dan Kepulauan Riau,” ucapnya.

Mengusung tema “Menjaga Prinsip-Prinsip Pemilu Demokratis 2024” yang terdiri dari enam kegiatan berupa, Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Tingkat SMA/Sederajat, Lomba Debat Konstitusi Tingkat SMA/Sederajat, Lomba Cerdas Cermat Tingkat SMA/Sederajat, Lomba Pidato Berbahasa Inggris Tingkat SMA/Sederajat, Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Untuk Guru PKn dan IPS, serta dilanjutkan dengan Kuliah Umum Pemilu dan Demokrasi.

Lebih lanjut, Charles mengajak para siswa untuk melanjutkan pendidikannya di Fakultas Hukum Universitas Andalas. Ia berharap mudah-mudahan tahun depan lebih banyak lagi dari sekarang dan kita tingkatkan lagi kualitas perlombaan.

Diakhir sesi, diumumkan nama dan sekolah pemenang, untuk lomba debat juara 1 diraih oleh SMAN 2 Painan, Juara 2 SMAN 8 Pekanbaru dan Best Speaker dari SMAN 1 Pekanbaru dengan nama Selviana Marsyanda.

Pemenang lomba cerdas cermat juara 1 SMAN 1 Gunung Talang, juara 2 SMAN 3 Bungo dan juara 3 SMAN 1 Bukittinggi.

Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) juara 1 berasal dari SMAN 1 Padang dengan nama peserta Fakhira Khairunnisa, Elshadaini Christin Olivia S. juara 2 dari SMA Islam As-Shofa Pekanbaru dengan nama peserta Nadin Ribi Cahyani dan Alya Khairani Salam. Juara 3 diraih oleh SMAN 1 Padang Panjang dengan nama peserta Faiza Ulya Ashyila dan Thirafi Ray Ramadhan.

Lomba Karya Tulis Ilmiah Guru juara 1 SMA Islam As-Shofa Pekanbaru atas nama Ferry Mulyadi, juara 2 SMA CT Foundation Dita Afdila, dan juara 3 MAS Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi Tira Tharia dan Lomba Pidato Bahasa Inggris juara 1 SMAN 1 Solok Aithra Acintya Bahrum, juara 2 SMAN 1 Gunung Talang Najya Rosyada Nazsya, juara 3 SMAN 1 Solok Shasmecka Nafisa Harjo.(*)

Humas, Protokoler dan Layanan Informasi Publik