Padang (UNAND) – Sebanyak 47 kontingen Universitas Andalas berlaga pada ajang Pekan Olahraga Mahasiswa (POMNas) Ke XVIII di Banjarmasin Kalimantan Selatan (Kalsel) yang berlangsung dari tanggal 12-22 November 2023.

Dilepas secara resmi oleh Rektor Universitas Andalas Prof. Yuliandri, SH, MH pada Rabu (8/11) bertempat di Ruang Seminar Gedung Pusat Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kampus Limau Manis.

Rektor mengungkapkan olahraga menjadi salah satu medium pendidikan yang mampu memberikan peluang bagi mahasiswa untuk mengembangkan nilai-nilai yang diperlukan dalam kehidupan sebagai calon pemimpin masa depan.

“Kegiatan olahraga yang kompetitif akan bermanfaat bagi mahasiswa untuk pengembangan kepribadian berkarakter yang mengandung nilai-nilai kecerdasan, keterampilan, pengendalian emosional, disiplin, sportivitas, demokrasi, persatuan dan kesatuan, serta perdamaian,” ujarnya.

Disampaikan rektor, melalui POMNas inilah sebagai salah satu upaya dalam pengembangan pembinaan atlet dikalangan mahasiswa yang multi event olahraga untuk mahasiswa berskala Nasional.

Lebih lanjut, rektor menuturkan tahun lalu Universitas Andalas berhasil mendapatkan medali emas pada cabang Taekwondo, dan medali perunggu untuk cabang renang. Ia yakin dan percaya para atlet yang dikirim merupakan mahasiswa pilihan yang telah diseleksi secara ketat dan juga telah mempersiapkan diri dengan maksimal.

Rektor berharap kontingen dari Universitas Andalas dapat menunjukkan prestasi terbaik dan tampil maksimal, dengan tetap menjaga kesehatan dan menjunjung tinggi sportivitas sehingga dapat mengharumkan nama baik Universitas Andalas khususnya dan Provinsi Sumatera Barat pada umumnya.

Sementara itu, Ketua Pokja Pengembangan Prestasi Bidang Olahraga Septri Melvi, S.Pt, M.Pt menyebutkan POMNas tahun ini Universitas Andalas mempertandingkan 10 cabang olahraga dari 16 cabang olahraga yang tersedia yakni Pencak Silat (2 orang), Taekwondo (8 orang), Gulat (2 orang), Kempo (1 orang), Karate (7 orang), Futsal (10 orang), Renang (2 orang), Tenis Lapangan (2 orang), Catur (5 orang), dan Bridge (8 orang).

Dikatakannya 47 kontingen ini berasal dari berbagai fakultas yang ada di Universitas Andalas seperti Hukum, Teknik, FISIP, Farmasi, Peternakan, Pertanian, Ekonomi dan Bisnis, Teknologi Pertanian, Kedokteran dan Teknik Informasi.(*)

Humas, Protokoler dan Layanan Informasi Publik