Padang (UNAND) – Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pihak Kesatu (P1) Universitas Andalas menyelenggarakan pelatihan asesor kompetensi angkatan II yang berlangsung dari tanggal 27 November hingga 1 Desember 2023.

Berlangsung di hotel Santika diikuti 24 peserta yang berasal dari Fakultas Teknologi Informasi (5 peserta), Fakultas Pertanian (3 peserta), Fakultas Kesehatan Masyarakat (2 peserta), Fakultas Teknik (2 peserta), Fakultas Teknologi Pertanian (2 peserta), Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (3 peserta), Fakultas Ilmu Budaya (3 peserta), dan Fakultas Peternakan (4 peserta).

Pendirian LSP P1 di Universitas Andalas telah dimulai atas penugasan Rektor kepada Dr. Hasanuddin, M.Si. (Dekan FIB) pada 2018 lalu. Pada 2021, Rektor dan WR1 baru, LSP digenjot dengan dinakodai oleh Prof. Irfan Suliansyah.

Prof. Irfan mengatakan penyiapan dan penyempurnaan dokumen, pelatihan Asesor Kompetensi Angkatan I (2022), memperoleh Lisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sesuai Keputusan Ketua BNSP No. KEP. 1479/BNSP/VI/2023, Tgl. 23 Juni 2023.

“Skema Sertifikasi Okupasi yang sudah dilisensi tahun 2023 sebanyak 9 skema, tersebar pada empat fakultas, yakni: Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, dan Fakultas Teknologi Informasi,” ujarnya.

Ditambahkannya, skema-skema tersebut adalah pemandu wisata, pimpinan perjalanan wisata (tour leader), asisten kebun kelapa sawit, fasilitator pertanian organic, petugas kultur in vitro, manejer pemasaran agribisnis. petugas inseminasi buatan, mandor farm ungags pedaging, dan ICT project manager.

Untuk mendukung skema dan implementasinya dalam melakukan asesmen kompetensi terhadap mahasiswa/ lulusan, Kepala LSP P1 UNAND telah menetapkan 45 asesor kompetensi, sesuai Surat Keputusan No. 03/ LSP-UNAND/SK/XI/2022 Tentang Penetapan Asesor Kompetensi LSP P1 Unand.

Dikatakannya, 45 asesor tersebut tersebar ke dalam empat skema yang dilisensi, yakni skema bidang pertanian (22 asesor), skema bidang peternakan (11 asesora), skema bidang pariwisata (11 asesor), dan skema bidang ICT (4 asesor). Penetapan asesor

Lebih lanjut, ia menyampaikan peserta pelatihan ini merupakan dosen Universitas Andalas yang telah menyiapkan draft skema berdasarkan Standar Kerja Kompetensi (khusunya SKKNI) yang relevan, dengan dukungan 24 skema yang disiapkan peserta.

“Saat ini LSP P1 Universitas Andalas akan mengusulkan 32 skema baru, dengan demikian tahun depan LSP P1 akan memiliki 41 skema dan 69 asesor,” pungkasnya.(*)

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik