Padang (UNAND) – Dalam rangka meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM), Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi menyelenggarakan pelatihan Public Speaking bagi Tenaga Kependidikan (Tendik) di lingkungan Universitas Andalas.

Berlangsung di Hotel Rocky pada Kamis (7/12) diikuti oleh Kepala Seksi (Kasi) beserta staf dengan menghadirkan narasumber Henmaidi, ST, MT, Ph. D, Hendri Dunan, S. I. Kom, M. I.Kom, Devarisa, S.SosI, M. I.Kom, dan Muslimatul Adabiyah, S. Pt, M.Si

Henmaidi yang juga Sekretaris Universitas (SU) Universitas Andalas mengatakan kemampuan Publik Speaking merupakan sebuah ketrampilan yang tidak semua orang memilikinya.

Masalah banyak yang terjadi, dikatakannya takut berbicara didepan umum, terkadang lupa materi saat memberikan sambutan dan itu merupakan kejadian normal di mana hampir semua orang merasakan karena tidak terbiasa.

“Maka dari itu, kita berpikir, kemampuan Public Speaking diadakan pelatihan ini dengan menghadirkan pelatih-pelatihnya yang sudah bersertifikat BNSP,”sambungnya yang didampingi oleh Kasi Pelayanan Publik Rina Kurnia, S. Kom.

Lebih lanjut, ia menyampaikan semua profesi harus bicara, harus mampu berbicara, untuk berbicara dengan rekan kerja begitu juga atasan. “Bukan hanya bicara sekadar bicara, tetapi bicara yang berdampak,” ujarnya.

Dikatakannya, gagasan sebaik apapun hanya akan tinggal gagasan kalau tidak disampaikan. Henmaidi mengakui bagian yang sulit dalam Public Speaking adalah memulainya. “Gagal memulai, konsep bisa hilang,” ujarnya.

Kegiatan ini tidak hanya memberikan pemahaman mendalam tentang seni berbicara di depan publik, tetapi juga menciptakan lingkungan diskusi yang aktif dan kolaboratif bagi peserta untuk bertukar pengalaman serta mendapatkan umpan balik yang berguna.

Selain memberikan pemahaman juga ada sesi praktikum untuk mengasah keterampilan secara langsung dalam berbicara di depan publik.

Diharapkan, melalui acara ini, peserta dapat meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum, dan mampu mengatasi ketakutan dalam berkomunikasi.

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik