Makassar (UNAND) - Universitas Andalas (UNAND) mengikuti kegiatan Nationwide University Network in Indonesia (NUNI) Presidential Forum and Annual Meeting pada Rabu hingga Sabtu, 22-25 November di UNHAS Hotel dan Convention, Makassar, Sulawesi Selatan.

Tema yang diusung dalam agenda NUNI tahun ini adalah “Cultivating Environmental Sustainability Leadership in Universities: Nurturing Tomorrow’s Eco-Conscious Change Makers”.

Wakil Rektor IV Dr. Hefrizal Handra menjelaskan, keikutsertaan ini dalam agenda didorong oleh adanya penyelenggaraan kerja sama Universitas Andalas dan NUNI khususnya empat (4) pilar, yakni pertukaran pelajar, pertukaran dosen, riset bersama dan reputasi global serta rencana NUNI untuk mempromosikan setiap universitas yang menjadi anggotanya dalam pameran internasional Asia-Pacific Association for International Education (APAIE) tahun 2024.

“Pada Bulan Maret lalu, kita juga turut andil mengikuti kegiatan APAIE yang diadakan di Thailand, Bangkok. Insyaallah, tahun 2024 ini kita akan kembali mengikuti kegiatan APAIE yang akan diadakan di Perth, Australia,” jelasnya.

Di sisi lain, Dr. Eng. Muhammad Makky selaku Direktur Kerja Sama dan Hilirisasi Riset Universitas Andalas menyatakan, keaktifan anggota NUNI untuk berpartisipasi dalam agenda APAIE adalah langkah yang sangat strategis untuk mempromosikan perguruan tingginya masing-masing.

Menurutnya, APAIE adalah ajang bagi Perguruan Tinggi (PT) untuk menjalin kolaborasi, berbagi best practice inovasi yang telah dilakukan oleh Perguruan Tinggi di Asia Pasifik untuk bermitra dengan Perguruan Tinggi kelas dunia lainnya.

“Target Universitas Andalas menjadi Top 500 World Class University, pergerakan dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tentu harus lebih ditingkatkan lagi,” ujarnya.

Di samping itu, Makky mengatakan kerja sama dengan berbagai pihak harus terus dibuka, sehingga visi untuk menjadi universitas terkemuka dan menjadi universitas kelas dunia dapat dicapai. Ia juga teringat satu ungkapan yang relevan dengan hal ini, if you want to go quickly, go alone, if you want to go far, go together.

Senada dengan itu, dr Nur Afrainin Syah, M.Med.Ed, PhD, Direktur Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Andalas menyatakan, kegiatan APAIE yang akan diadakan di Australia mendatang adalah ajang untuk mempromosikan program-program unggulannya.

Lanjutnya, program yang akan ditawarkan berupa visiting professor, staff exchange, student exchange, joint/double degree, kolaborasi riset, dan sebagainya, “Dalam kegiatan APAIE tahun 2024 yang akan datang, kita akan lebih masif lagi mempromosikan program-program unggulan Universitas Andalas kepada mitra,” ujarnya.

“Kita harus membuka peluang kerja sama seluas-luasnya dengan berbagai pihak dengan target menjadi universitas kelas dunia,” sambungnya. Menurutnya, dengan adanya penawaran program ini, maka insyaallah, academic reputation, employer reputation dan employment outcome UNAND yang saat ini masih cukup rendah dalam penilaian QS WUR/AUR dapat kita atasi secara lebih baik.

Humas, Protokoler, Layanan Informasi Publik