Padang (UNAND) – Menutup kegiatan Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) angkatan 3 inbound UNAND, sebanyak 177 peserta PMM berkolaborasi mengangkat pagelaran seni bertajuk “Gelora” yang dilangsungkan pada Kamis (14/12) malam di Gedung Convention Hall Kampus Limau Manis. 

Dalam kegiatan yang bertema “Pahlawan Nusantara” ini, seluruh mahasiswa peserta PMM yang berasal dari puluhan perguruan tinggi se-Indonesia menampilkan ragam seni daerah, mulai dari tari-tarian nusantara, drama, fashion show baju adat, musikalisasi puisi, randai, dan diakhiri dengan karaoke night bersama para tamu. Sekurangya ada 14 jenis tarian dari 7 pulau di nusantara yang ditampilkan, yang menurut Fariz Diansyah Rizki, Ketua Pelaksana Gelora 2023, dapat merepresentasikan keragaman kebudayaan yang dibawa oleh peserta PMM.

“Tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk mempererat tali silaturahmi kita, dan dengan tema Pahlawan Nusantara ini kita ingin setiap peserta jadi pahlawan dari kebudayaannya masing-masing,” ujar Fariz. 

Ia menambahkan, momen ini menjadi momen untuk mengingatkan kembali para Gen Z akan kebudayaan sendiri yang unik dan khas, di tengah gempuran budaya-budaya asing yang mungkin lebih dekat dengan keseharian. 

“Kita ingin mengingatkan kembali bahwa mereka semua punya tarian, punya kebudayaan tersendiri yang unik dan jarang ditampilkan. Namun kita kemas di acara ini secara modern yang cocok dengan Gen Z,” tambahnya. 

Perhelatan yang sukses dihadiri ratusan pengunjung ini menandakan akhir dari program PMM Inbound UNAND yang telah dilaksanakan selama kurang lebih satu semester sejak akhir Agustus lalu.  

Rektor UNAND, Dr. Efa Yonnedi mengucapkan selamat atas terselenggaranya program PMM secara baik dan lancar termasuk terlaksananya persembahan terakhir ini. 

“Saya harap ananda selama berada di UNAND mendapat bekal 4C, yaitu communication, collaboration, creativity, serta critical thinking, yang akan membangun value diri ananda.” 

Beliau juga berharap kegiatan ini maupun program PMM secara keseluruhan, memberi manfaat dan cerita serta pengalaman yang baik untuk para peserta saat kembali ke asal masing-masing. 

 

Humas, Protokol, dan Layanan Informasi Publik