Padang (UNAND) – Menjelang tutup akhir tahun 2023 ini, Madrasah Aliyah (MA) Al-Ihsan Boarding School Kabupaten Kampar Riau datang berkunjung ke Universitas Andalas (UNAND) dalam rangka studi kampus dan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru.

Kunjungan ini bertempat di Gedung Ruang Seminar F Kampus Limau Manis, Padang pada Kamis (21/12) disambut langsung oleh Kepala Subdit Administrasi Data dan Informasi Pendidikan Asrul Ikhya, S. AP, M.A yang sekaligus menyampaikan materi tentang profil dan program studi di UNAND serta jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan MA Al-Ihsan Boarding School, Misran, S.E, SY, memberitahukan siswa yang hadir hari ini di dominasi oleh Perempuan. “Karena mayoritas sekolah kami persentase-nya di dominasi oleh Perempuan” ucapnya.

Selain itu, Misran menyampaikan banyak dari siswa/i MA Al-Ihsan Boarding School memiliki antusias kuat ingin berkuliah di UNAND.

Misran menyampaikan bahwa kehadiran ke UNAND saat ini merupakan kunjungan yang kedua. “Tahun 2022 lalu, kami juga berkunjung ke UNAND dengan mengundang sejumlah alumni MA Al-Ihsan Boarding School yang berkuliah di UNAND untuk hadir bersilaturahmi,” ucapnya.

Penyampaian materi oleh Kepala Subdit Administrasi Data dan Informasi Pendidikan Asrul Ikhya, S. AP, M.A tentang UNAND mengatakan bahwa UNAND saat ini sudah masuk dalam klaster pertama dengan Perguruan Tinggi Berkelas Dunia.

“Sejak tahun 2021 UNAND sudah beralih status dari Badan Layanan Umum (BLU) menjadi Perguruan Tinggi Negeri-Berbadan Hukum (PTN-BH) dengan akreditasi Unggul dan bulan Desember 2023 ini UNAND berhasil mempertahankan Akreditasi ‘Unggul’ sampai lima mendatang sampai dengan Desember 2028,” ujarnya.

Ia menyebutkan saat ini UNAND memiliki beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru yaitu Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan jalur SIMA.

“Untuk tahun depan siswa-siswi sudah bisa mendaftar pada bulan Februari 2024 mendatang dengan mendaftar melalui registrasi akun Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ ” pungkasnya.

Humas, Protokol dan Layanan Informasi Publik UNAND