Padang (UNAND) - Universitas Andalas menyambut 183 mahasiswa dari seluruh Indonesia dalam program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 4 Inbound UNAND tahun 2024. Acara penyambutan digelar pada Sabtu (24/2/2024) di Convention Hall Universitas Andalas Kampus Limau Manis, yang dihadiri oleh Wakil Rektor IV UNAND Dr. Henmaidi. 

Ketua UPT Pembelajaran di Luar Kampus, Ir. Jonrinaldi menyebut para mahasiswa datang dari berbagai kampus dari daerah-daerah di luar Sumatra, mulai dari Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, hingga Nusa Tenggara. Mahasiswa paling jauh berasal dari Kupang, NTT. Selain itu, jumlah mahasiswa inbound tahun ini juga mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. 

“Jumlah (mahasiswa inbound) ini meningkat dari tahun lalu yang sebanyak 177 orang,” jelasnya. 

Beliau juga menjelaskan, bahwa proses penerimaan mahasiswa dalam program PMM 4 tahun ini sudah dan terus diperbaiki sehingga mengurangi kendala mahasiswa terutama untuk memulai proses pembelajaran di UNAND. 

Penerimaan mahasiswa inbound dilakukan dengan pengalungan tanda peserta dari Wakil Rektor IV kepada perwakilan mahasiswa.

Pengalungan Tanda Peserta PMM 4 Oleh Wakil Rektor 4

Melalui berbagai kisah sejarah soal budaya, politik, hingga teknologi, Wakil Rektor IV memberikan materi motivasi dan pembekalan kepada para mahasiswa untuk meningkatkan kesadaran bahwa kehadiran mereka di UNAND saat ini harus menumbuhkan semangat mereka dalam membangun bangsa ini. 

“Universitas Andalas ini diresmikan oleh M. Hatta, bukan untuk membuat kita jadi kaya atau jadi orang terkaya, tapi dengan tujuan untuk kejayaan bangsa. Siapa tahu, sepuluh dua puluh tahun ke depan, teman-teman kalian yang saat ini ada di samping kalian, adalah yang akan jadi DPR, jadi menteri, atau bahkan jadi presiden,” sebutnya. 

Menurutnya, kehadiran mahasiswa sebagai generasi muda sangat penting untuk meraih kembali kejayaan bangsa, melalui prestasi dan kiprah yang bermanfaat bagi bangsa. Hal itu sesuai dengan semboyan Universitas Andalas “Untuk Kedjajaan Bangsa”.  

Selain itu, mahasiswa juga disuguhkan dengan penampilan Tari Pasambahan dan Tari Piring khas Minangkabau, yang dibawakan langsung oleh Unit Kegiatan Mahasiswa BSTM (Bengkel Seni Tradisional Minangkabau).  

Penampilan Tari Piring dari UKM BSTM

Mahasiswa PMM 4 Inbound UNAND akan melaksanakan perkuliahan selama satu semester dan seluruh program ditargetkan rampung pada Juni 2024 mendatang. (fy) 

 

Humas, Protokol, dan Layanan Informasi Publik Universitas Andalas