Padang (UNAND) - Dalam upaya meningkatkan keterlibatan dalam pemberdayaan masyarakat, Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan Program Studi Psikologi Universitas Islam Ar Raniry Aceh telah menyelenggarakan serangkaian program pengabdian bersama.

Inisiatif ini merupakan hasil kolaborasi antara dua lembaga yang telah dimulai sejak bulan Agustus tahun 2023. Dalam rangkaian kegiatan ini, perwakilan pengelola, dosen, dan mahasiswa dari Fakultas UIN Araniry berkunjung ke Departemen Psikologi FK Universitas Andalas. Selain melakukan kegiatan benchmarking untuk pendidikan sarjana psikologi, mereka juga melaksanakan serangkaian kegiatan pengabdian masyarakat bersama dua lembaga.

Rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat dimulai pada tanggal 26 Februari 2024 dengan kegiatan Psikoedukasi Kesiapsiagaan Psikologis dalam Menghadapi Bencana, yang ditujukan kepada siswa SMK SMTI Kota Padang.

Acara tersebut melibatkan dua pemateri utama, yakni Septi Mayang Sari, M.Psi., Psikolog dari Universitas Andalas terkait Kesiapsiagaan Psikologis dalam Menghadapi Bencana. Selanjutnya, Cut Rizka Aliana, S.Psi., M.Si. dari UIN Ar Raniry menyampaikan materi mengenai Psychological First Aids sebagai upaya Membangun Kesiapsiaagan Bencana di Sekolah dan Masyarakat.

Pada hari yang sama, kegiatan kuliah umum di Gedung J Fakultas Kedokteran Universitas Andalas membahas pengaruh lingkungan psikososial terhadap kesehatan mental. Pemateri dalam acara ini adalah Vera Nova, M.Psi., Psikolog dari UIN Ar Raniry, yang membahas pengaruh lingkungan psikososial mikro, dan Sartana, M.A. dari Universitas Andalas, yang membahas faktor lingkungan sosial makro sebagai determinan kesehatan mental.

Kemudian, kegiatan pengabdian bersama dilanjutkan di kantor Lembaga Pengkajian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Kota Padang. Dalam sesi ini, ibu-ibu dampingan LP2M mengikuti pelatihan yang dipandu oleh Dwi Puspasari, M.Psi., Psikolog, dari Departemen Psikologi Universitas Andalas menyampaikan tentang teknik relaksasi untuk meredakan stres. Lalu, Vera Nova, M.Psi. juga memberikan materi mengenai pentingnya perhatian terhadap kesehatan mental, serta teknik pelukan kupu-kupu dan afirmasi diri untuk meredakan stres.

Wakil Dekan I FK Universitas Andalas Dr. dr. Elfrida, M.Kes., SP.PK (K), menyatakan program ini adalah langkah positif bagi para dosen untuk mengaplikasikan temuan riset kepada masyarakat, meningkatkan manfaat ilmu pengetahuan, dan memastikan perkembangannya dapat dirasakan oleh masyarakat.

Ia berharap kerja sama dengan UIN Ar Raniry bisa semakin erat dan ada kegiatan-kegiatan lain di masa depan.

Senada dengan itu, Dr. Nasrudin, M.Hum., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Ar Raniry, merasa sangat senang dengan kegiatan kolaborasi pengabdian ini.  

“Kolaborasi ini tidak hanya mempererat hubungan antar lembaga, tetapi juga memberikan manfaat konkret kepada masyarakat,” ujarnya.

Rangkaian kegiatan kerjasama ini menjadi indikator bahwa lembaga pendidikan tinggi dapat turut menjadi agen perubahan positif melalui berbagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat.(*)

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik