Padang (UNAND) - Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Andalas matangkan persiapan perayaan Dies Natalis ke-42.

Dekan FIB Universitas Andalas Prof. Dr.  Herwandi, M.Hum menunjuk Dra. Eva Najma, M.Hum sebagai Ketua Pelaksana Dies Natalis tahun ini. Selain itu, tema yang diangkat "Pusako Kato Warih Bajawek: Menggali Kekayaan Budaya Minangkabau Dalam Rangka Merajut Kebhinekaan.”

Ketua Panitia menuturkan tema ini dipilih menjadi pilihan karena usia FIB yang sudah berusia 42 tahun, tidak lagi muda jika disamakan dengan usia manusia, dengan keberagaman yang ada memiliki Sembilan (9) Program Studi (Prodi) dan sebagai fakultas yang berbasis budaya tentu memiliki tanggung jawab untuk senantiasa menjadi model dalam upaya pemertahanan budaya.

Disampaikannya, pada acara puncak akan ada Orasi Ilmiah dari Dr. Elly Delfia SS. M.Hum pada tanggal 7 Maret 2024 mendatang. Kemudian, ada beberapa acara yang akan memeriahkan Dies Natalis diantaranya UNAND Berpuisi dan Fun Games (FIB Seru seruan) yang akan dilaksanakan pada tanggal 6 Maret 2024.

Ia berpesan untuk terus menjadi momen yang bermakna dan menginspirasi bagi semua masyarakat FIB Universitas Andalas khususnya, dan tentu juga untuk masyarakat luas pada umumnya.

Diharapkannya, peringatan Dies Natalis ini terus menjadi ajang untuk merayakan pencapaian dan perkembangan, memperkuat ikatan komunitas, mendorong pertumbuhan pribadi serta akademik di FIB introspeksi diri bagi semua.

Wakil Dekan I FIB Universitas Andalas Dr. Ike Revita, M.Hum menyatakan optimisme dan antusiasmenya dalam menjalani persiapan Dies Natalis ke-42 ini.

Ia juga menjelaskan tahun 2024 yang menjadi target utama dari Program Kerja Dekan terkait kerja sama dan publikasi. “Jadi, kami akan memperbanyak kerja sama dengan berbagai institusi di dalam dan luar negeri, kemudian juga akan fokus meningkatkan publikasi dosen sehingga reputasi dan karya dosen bisa dikenal di dalam dan di luar negeri,” ujarnya.

Baginya, semua kegiatan sudah berbasis kepada yang namanya Indikator Kinerja Utama (IKU). Ia juga mensyukuri tahun 2023 FIB sudah menorehkan prestasi terkait dengan salah satu IKU yang berhubungan dengan kegiatan mahasiswa di luar kampus yaitu kegiatan MBKM.

“FIB termasuk fakultas yang pemuncak mahasiswanya mengikuti MBKM khususnya Credit Earning,” sambung Wadek I. Ia berharap perayaan ini akan menjadi momentum yang berkesan bagi seluruh civitas akademika dan masyarakat luas.(*)

Pewarta : Siska Selviya