Padang (UNAND) – Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P1  Universitas Andalas menyelenggarakan kegiatan Recognition Current Competency (RCC) yang diadakan di Aula Pasca Sarjana Universitas Andalas pada Kamis (9/5).

RCC diikuti oleh 12 peserta yang bertujuan meningkatkan sertifikasi ASKOM dan pengakuan kembali ASKOM  yang diadakan selama tiga (3) hari mulai dari tanggal 9 hingga 11 Mei 2024.

Ketua pelaksana, Dr. Ernita Arif, M.Si mengatakan kegiatan RCC satu rangkaian dengan pelatihan dan sertifikasi ASKOM yang sudah lebih dulu dilaksanakan pada 7 dan 8 Mei.

“Setelah pelatihan dan pengakuan asesor, maka diadakan RCC kembali (Upgrading) untuk meningkatkan ilmu kompetensi para asesor,” ungkapnya yang juga menjabat sebagai Kepala Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik Universitas Andalas ini.

Dr. Rizal Sani, Master Asesor menyampaikan rangkaian kegiatan RCC, yakni penjelasan proses asesmen untuk pengakuan kembali Asesor kemudian asesmen pada hari kedua dan ketiga.

Selain pengakuan kembali dan peningkatan sertifikasi Asesor, kegiatan RCC ini juga berguna membawa sertifikasi UNAND agar diakui oleh nasional dan Internasional. Hal ini disampaikan oleh Ir. Jusafwar, M.T., selaku Master Asesor.

“Dengan pengembangan sertifikasi ini, bapak dan ibu (ASKOM) dapat mensosialisasikan bahwa seluruh mahasiswa harus mendapatkan sertifikat kompetensi sebagai jaminan bisa mendapatkan pekerjaan sesuai kebutuhan,” tambahnya.

Dalam kegiatan ini, para asesor diharapkan mampu mengajak mahasiswa untuk mendapatkan sertifikat kompetensi, menjalin kerja sama internasional dan mampu membawa alumni UNAND untuk bekerja diluar negeri.(*)

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik