Padang (UNAND) – Universitas Andalas menerima kunjungan rombongan tamu dari Sekolah Menengah Kebangsaan (SMK) Agama Tun Perak, Jasin Melaka, Malaysia pada Sabtu (30/09) di Ruang Sidang Senat Lantai 4 Gedung Rektorat, Kampus Limau Manis.

Sebanyak 25 orang guru dan pelajar disambut langsung oleh Kepala Kantor Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik Dr. Ernita Arif, SP, M.Si, Kepala Subdit Kerja Sama Arpentius, ST, MM, Kepala Subdit Administrasi, Data dan Informasi Pendidikan Asrul Ikhya, S.AP, M.AP.

Ernita Arif yang juga merupakan Dosen Departemen Ilmu Komunikasi mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada rombongan karena telah memilih Universitas Andalas untuk dikunjungi. Disampaikannya, saat ini Universitas Andalas merupakan sudah berusia 67 tahun dengan luas kampus 500 hektar.

Selain itu, Universitas Andalas juga sudah berstatus Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) yang memiliki otonomi dibidang akademik dan non akademik.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK Agama Tun Perak Ustadz Muhammad Rezel bin Masah mengatakan terima kasih banyak telah menjamu kami kesini dan bisa menimba ilmu dari Universitas Andalas dan juga belajar tata cara manajemen koperasi pelaksanaan aktivitas rutin kehohanian di UNAND ini.

”kami juga bisa melihat peluang-peluang kepada murid kami untuk bisa belajar juga di Universitas Andalas,” ujarnya. Selain itu, juga belajar bagaimana kemajuan koperasi di sini, tujuan kita untuk menjalin silaturahim sehingga nanti adanya kerjasama. Besok kami akan kembali ke malaysia dan ini hari ini terakhir kami berkunjung di Indonesia,” ucapnya.

Dalam paparan materi yang disampaikan Kepala Subdit Administrasi, Data dan Informasi Pendidikan UNAND Asrul Ikhya, S.AP, M.AP tentang Universitas Andalas bahwa saat ini UNAND termasuk kampus dengan biaya pendidikan termurah dibandingan kampus-kampus yang ada di Indonesia seperti kuliah di Fakultas Kedokteran dengan biaya Pengembangan Institusi hanya sebesar 200 juta.

Selain itu, saat ini UNAND memiliki beberapa program diantaranya magang, KKN, Merdeka Belajar/MBKM, Credit Earning dan juga ada jalur Hafizh Qur`an minimal 10 juz. Kita juga mendorong kerjasama dengan perusahaan-perusahaan agar mahasiswa bisa melakukan magang.

”Kita disini sangat memuliakan para penghafal qur`an untuk bisa diterima berkuliah di UNAND yang mana minimal memiliki hafalan10 juz, dan di Fakultas Kedokteran jika ingin masuk harus hafal 20 juz,” ujarnya. Setelah itu ditambahkannya, mereka kita dorong dan kita beri pembinaan.

Lebih lanjut, ia menambhkan untuk Universitas Andalas sendiri juga telah ada koperasi di beberapa fakultas diantaranya FMIPA, Ekonomi, Rektorat dan Hukum dan kami di UNAND berkoperasi sambil menabung.(*)

Humas, Protokoler dan Layanan Informasi Publik