Padang (UNAND) - Tiga mahasiswa UNAND berhasil meraih peringkat tiga dalam perlombaan Linnaean Games atau cerdas cermat bertemakan entomologi atau ilmu serangga. Mereka adalah Lucky Fhigo Raffi, Siti nur Irfani, dan Muhammad Haidil Aswir dari Departemen Proteksi Tanaman, Fakultas Pertanian. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Perhimpunan Entomologi Indonesia (PEI) dalam rangkaian kegiatan The 2nd International Conference and The 11th Congress of The Entomological Society of Indonesia 2023 (ICCESI 2023) yang berlangsung 29-30 September lalu di Padang.

Lucky dkk berhasil mewakili UNAND dalam babak final melawan tim Universitas Brawijaya, setelah sebelumnya keluar sebagai semifinalis dari total 23 tim dari 10 perguruan tinggi se-Indonesia. 

Linnaean Games sendiri merupakan salah satu kegiatan bergengsi yang selalu dinanti di setiap rangkaian acara PEI, yang menguji pengetahuan mahasiswa pada bidang biologi insekta. Di tahun 2023, UNAND mengutus sebanyak 3 tim untuk bertanding di perlombaan ini.

Prestasi yang diraih UNAND tahun ini menjadi kebanggaan tersendiri, mengingat UNAND terakhir mengutus tim untuk berlomba lebih dari 10 tahun yang lalu. Sehingga, kemenangan tim arahan coach Astri Harnov Putri, SP, M.Sc ini diharapkan dapat menjadi inspirasi dan penyemangat bagi tim-tim selanjutnya untuk dapat meneruskan jejak kemenangan para senior.

Meski berhasil membawa pulang tropi juara, Lucky mengaku masih memiliki ambisi untuk berkompetisi secara lebih baik dan merebut piala dari juara bertahan.

“Meskipun mendapatkan juara 3, sebenarnya kami masih kurang puas. Ke depannya, diharapkan seluruh pihak dapat mendukung tim selanjutnya, sehingga tim tersebut dapat mempersiapkan diri lebih matang dan mumpuni sehingga dapat merebut juara 1 dari juara bertahan yaitu Universitas Brawijaya,” ujar Lucky.

 

Humas, Protokol, dan Layanan Informasi Publik UNAND