Padang (UNAND) - Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak 1 Universitas Andalas (LSP P1) mengadakan kegiatan Sosilaisasi dan Pelatihan Pembuatan Skema Sertifikasi pada Selasa (17/10) di Ruang Rapat Bidang I Gedung Rektorat Kampus Limau Manis.

Menghadirkan dua narasumber pada kegiatan ini, yaitu Prof. Dr. Ir. Irfan Suliansyah, MS yang dari Fakultas Pertanian sekaligus merupakan Ketua LSP P1 Universitas Andalas serta Dr. Hasanuddin, M.Si. dari Fakultas Ilmu Budaya sekaligus merupakan Komite Skema Sertifikasi. 

Prof. Irfan mengatakan ada tujuan utama dalam kegitan ini yakni supaya LSP lebih dikenal di lingkungan kampus, dan memberi pengetahuan dasar cara pembuatan skema sertifikasi. 

“Skema sertifikasi yang dimiliki LSP P1 UNAND dan telah divalidasi oleh BNSP saat ini berjumlah 9 skema,” ujarnya.  Ia mengakui jumlah ini amatlah sedikit jika dibandingkan dengan jumlah Program Studi (Prodi) yang ada di Universitas Andalas.

“Sehingga pengembangan skema sertifikasi menjadi amat penting dalam upaya meningkatkan jumlah skema sertifikasi yang dapat memperluas cakupan materi uji kompetensi,” tambahnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan sistem Sertifikasi Profesi Nasional, yang berkenaan dengan pentingnya sertifikasi bagi pencari kerja serta profil lembaga sertifikasi profesi yang bisa menjadi tempat uji kompetensi.

Diharapkannya, setelah mengikuti kegiatan ini, peserta dapat menyusun Skema Sertifikasi yang baru untuk selanjutnya akan diajukan ke BNSP untuk divalidasi. “Selanjutnya, jika skema tersebut telah valid maka akan ditindaklanjuti dengan pelatihan bagi asesornya,” pungkas Guru Besar Fakultas Pertanian ini.

Senada dengan itu, Wakil Rektor I Universitas Andalas Prof. Mansyurdin berpesan agar para peserta dapat memanfaatkan kegiatan ini sebaik-baiknya untuk bisa dilanjutkan dengan pembuatan skema sertifikasi yang baru. 

Menurutnya, pentingnya kegiatan yang dikelola oleh LSP P1 Universitas Andalas dalam kaitannya dengan peningkatan IKU, khususnya IKU 1 dan IKU 4.

Peserta yang hadir pada kegiatan ini adalah para staf pengajar yang mewakili fakultasnya masing-masing.  Sejumlah 13 orang hadir mewakili Fakultas Teknik sebanyak 2 staf, Fakultas Pertanian sebanyak 2 staf, Fakultas Kedokteran sebanyak 2 staf, dan Fakultas Teknik Informasi 1 staf, dan Program Pascasarjana sebanyak 4 staf.

Humas, Protokoler dan Layanan Informasi Publik