Padang (UNAND) – Maybank melakukan kunjungan ke Universitas Andalas dalam rangka penjajakan kerja sama pada Senin (16/10) di Ruang Rektor Kampus Limau Manis.

Dr. Eng. Muhammad Makky, Direktur Kerja Sama dan Hilirisasi Riset Universitas Andalas menjelaskan, ada sebelas (11) kerja sama yang dirancang oleh UNAND dan Maybank untuk dijalankan bersama.

Adapun sebelas kerja sama ini disebutkannya Maybank Goes to Campus, fresh graduate recruitment untuk internship kewirausahaan, dosen Universitas Andalas magang di Maybank, praktisi/pihak Maybank mengajar di kampus, pemberian beasiswa S-2 di Malaysia, syariah corner di UNAND.

Lalu, pengelolaan dana mustahik untuk pengembangan UMKM melalui hilirisasi riset, kuliah umum, pengelolaan keuangan syariah untuk civitas akademika (baik untuk pembukaan rekening, transaksi jual beli, maupun investasi), mahasiswa magang MBKM 3 hingga 6 bulan setara 10-12 SKS, dan pendirian Labor Ekonomi Syariah di Universitas Andalas.  

“Ada beberapa kerja sama yang sudah kita coba rancang. Insyaallah, kurang lebih ada sebelas program yang akan kita tuangkan dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) nantinya,” ujarnya.

Salah satu program yang dicoba, dikatakan Makky terkait program Maybank Goes to Campus, juga berencana mengonsep kegiatan ini dalam bentuk pemberian training terkait ekonomi syariah kepada mahasiswa.

“Kemudian, kita juga sudah mendiskusikan terkait pemberian beasiswa S-2 ke Malaysia, tepatnya di International Islamic University Malaysia (IIUM) bagi lulusan S-1 Ekonomi Syariah UNAND. Mudah-mudahan niat baik kita berjalan dengan lancar ke depannya,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor IV Universitas Andalas Dr. Hefrizal Handra mengatakan ini sebagai upaya untuk berusaha mengoptimalkan kekuatan satu sama lain. Menurutnya, kolaborasi yang baik dengan berbagai pihak akan membantu perguruan tinggi meningkatkan mutunya dalam berbagai aspek.

“Kerja sama yang kita lakukan ini tentunya akan selalu berorientasi pada Indikator Kinerja Utama (IKU) yang sudah ditetapkan oleh pemerintah serta juga berpedoman pada indikator penilaian QS dan THE,” ujarnya.

Ia selalu berupaya membuka ruang dan mencari peluang untuk bagaimana dosen, mahasiswa dan civitas akademika bisa memperoleh menfaat yang baik dengan adanya kerja sama yang kita lakukan.

Dicontohkannya, UNAND dan Maybank berencana untuk melaksanakan program fresh graduate recruitment untuk internship kewirausahaan dan dosen magang di Maybank yang akan memberikan dampak yang baik bagi peningkatan IKU 1 dan IKU 3.

Akhyar Iljas, Komisaris Independen Maybank menjelaskan, program dosen Universitas Andalas magang di Maybank adalah salah satu program yang sangat baik untuk dilakukan. Baginya, program seperti ini sudah lama diterapkan oleh Negara Swiss dan memberikan dampak yang efektif.

“Program ini sangat baik untuk diterapkan, dosen bisa terjun langsung ke lapangan artinya, mereka bisa melihat apa saja isu dan masalah yang terjadi di lapangan,” ujarnya. Dikatakannya, hal itu nanti dibawa lagi ke dunia kampus untuk dicarikan jalan keluarnya sehingga, dosen mendesing silabus berangkat dari pengalaman atau studi kasus yang ditemukan di industry.

“Dengan begitu, akan matching jalan yang ditempuh oleh perguruan tinggi dan industri,” pungkasnya.(*)

Humas, Protokoler dan Layanan Informasi Publik