Solok (UNAND) - Universitas Andalas melalui Program Kemitraan Masyarakat Membantu Usaha Berkembang (PKM-MUB) mengadakan pelatihan manajemen usaha untuk kelompok tenun di Kabupaten Solok.  

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan pengelolaan produk tenun Minang, khususnya dari usaha Banun Songket dan Berkah Songket yang merupakan produk unggulan daerah. 

Pelatihan ini dipimpin oleh Prof. Dr. Ratni Prima Lita, SE., MM dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas dengan dukungan dari sepuluh (10) dosen Departemen Manajemen dan satu (1) dosen Departemen Akuntansi, serta dua (2) mahasiswa Departemen Manajemen.  

Kegiatan ini juga melibatkan dukungan dari Wali Nagari Sungai Janiah dan Pemerintah Daerah melalui Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Solok. 

Para peserta pelatihan, yang terdiri dari 14 pengrajin tenun, diberikan bimbingan intensif mengenai pengelolaan produksi dan pemasaran dengan prinsip-prinsip manajemen usaha yang profesional.  

Mereka belajar cara memproduksi produk dengan kualitas tinggi, mendesain motif yang menarik, serta memadupadankan warna sesuai selera konsumen. Prof. Ratni mengatakan pelatihan ini juga mencakup evaluasi produk yang ada, dengan fokus pada perbaikan dan produksi kembali produk berkualitas tinggi yang ditargetkan untuk konsumen menengah ke atas. 

Selain itu, pengrajin diajarkan prinsip-prinsip akuntansi dan pencatatan keuangan perusahaan untuk meningkatkan pengelolaan usaha mereka. “Dengan pelatihan ini, diharapkan usaha tenun di Kabupaten Solok dapat berkembang lebih pesat dan berdaya saing tinggi di pasar,” ujar Guru Besar FEB Universitas Andalas tersebut. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen Universitas Andalas untuk mendukung pengembangan usaha mikro dan kecil melalui pendekatan yang terintegrasi dan berkelanjutan.(*)

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik