Padang (UNAND) - Sumatera Barat akan menjadi tuan rumah perhelatan Festival Adat Budaya Nusanatara III yang akan dilaksanakan pada tanggal 4 – 7 September 2024.  FABN adalah salah satu kegiatan utama dari organisasi Masyarakat Adat Nusantara (MATRA), yang sudah dilaksanakan sebanyak dua kali, yaitu FABN I di Bali dan FABN II di Borobudur Jawa Tengah.  FABN merupakan kegiatan pagelaran seni budaya nusantara yang juga akan dihadiri oleh raja, sultan, penglingsir, ketua adat, ketua suku, pemangku adat, budayawan, akademisi, pencinta seni budaya nusantara.   

FABN ini merupakan sumbangsih MATRA untuk untuk ikut serta dalam mengembangkan dan melestarikan seni budaya nusantara, demikian disampaikan oleh Sri Paduka Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Mangku Alam II selaku Ketua Dewan Pendiri MATRA.  KPH Andi Bau Malik Barammamase, S.H, Karaengta Tukkajannangngang Satrio Sasmito (Ketua Umum MATRA) juga menambahkan bahwa kegiatan FABN ini, selain mendukung pelestarian adat dan budaya juga diharapkan memberikan dampak positif terhadap sektor pariwisata, ekonomi kreatif dan pendapatan masyarakat lokal. 

Ketua Pelaksana FABN III Sumatera Barat, KPH H. Sutan Muhammad Yusuf Tuangku Mudo Rajo Disambah Adityadiningrat, didampingi Sekretaris pelaksana, Dr. Ir. Feri Arlius Dtk. Sipado, M.Sc menyampaikan rangkaian acara yang akan dilaksanakan selama FABN III Sumatera Barat, yaitu dimulai pada tanggal 4 September 2024 berupa Pagelaran Budaya dengan Himpunan Tjinta Teman (HTT) di GOR HTT Pondok Kota Padang. Dimana menurut Wakil Ketua HTT, Albert Hendra Lukman pada acara ini akan ditampilkan seni budaya Minang dan Tiongha seperti barongsai. 

Selanjutnya pada tanggal 5 September 2024, akan diadakan acara Orasi Kebudayaan yang akan disampaikan oleh Dr. Fadli Zon, M.Sc (budayawan/anggota DPR RI) dan H. Irman Gusman, M.Sc (Anggota DPD terpilih), di Convention Hall Universitas Andalas.  “Acara digelar atas kerja sama MATRA dengan Universitas Andalas dan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas dan juga menjadi salah satu rangkaian acara Dies Natalis yang ke 68,” kata Rektor Universitas Andalas Efa Yonnedi, Ph. D. 

Malam harinya, Pemerintah Kota Padang akan menjamu peserta FABN III dengan Makan Bajamba/Makan Beradat di Youth Center Kota Padang.  Tradisi makan bajamba bisa dimaknai sebagai kegiatan makan dengan seremonial adat yang dilakukan oleh masyarakat Minangkabau yang memperlihatkan kebersamaan dan musyawarah. Demikian disampaikan oleh Pj. Wali Kota Padang Tuanku Rajo Kaciak Dr. H. Andree Harmadi Algamar Dtk. Sangguno Dirajo. 

Jumat malam tanggal 6 September 2024 merupakan acara puncak FABN III, dimana acara ini akan menampilkan pagelaran seni dan budaya dari berbagai daerah di Nusantara yang akan dilaksanakan di Auditorium Rumah Dinas Gubernuran Sumatera Barat.  Pada waktu ini juga kan dilantik Dewan Pengurus Wilayah Masyarakat Adat Nusantara (DPD MATRA) Provinsi Sumatera Barat yang diketuai oleh Dr. Ir. Audy Joinaldy Dtk Rajo Pasisia Alam, SPt, M.Sc, MM, IPM, ASEAN.Eng. 

Lebih lanjut, Ketua Panitia KPH H. Sutan Muhammad Yusuf Tuangku Mudo Rajo Disambah Adityadiningrat menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Wali Kota dan Pemerintah Kota Padang dan Dinas terkait yang telah memberikan kerja sama yang sangat baik dalam melaksanakan acara ini, serta berbagai pihak yang telah ikut mendukung FABN III, seperti Bank Nagari, Universitas Andalas, PT. Semen Padang, Telkom Indonesia, Infomedia, Pelindo dan Bank Mandiri.  (*) Rilis Panitia FABN III – Sumatera Barat