Padang (UNAND) – Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Andalas (BEM KM) menutup rangkaian acara Green Rangers Event dengan sukses melalui talkshow yang diselenggarakan di Gedung Serbaguna Fakultas Hukum pada Senin (9/9).  

Acara ini menarik antusiasme tinggi dari kalangan mahasiswa dan pelajar dari berbagai sekolah, yang tertarik dengan isu-isu lingkungan dan keberlanjutan. 

Green Rangers Event merupakan program berbasis lingkungan pertama yang diinisiasi oleh BEM KM Universitas Andalas berkat hadirnya Kementerian Lingkungan Hidup di bawah BEM tersebut. Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan di kalangan mahasiswa dan masyarakat umum. 

Talkshow ini merupakan penutup dari serangkaian kegiatan sebelumnya, termasuk roadshow ke berbagai sekolah, aksi pembersihan pantai dari sampah, serta lomba-lomba kreatif yang melibatkan siswa dan mahasiswa dalam pengelolaan sampah. Semua kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya menjaga dan merawat alam. 

Narasumber utama dalam talkshow ini adalah Dr. Anastasia Rita Tisiana Dwi Kuswardani, M.T., Kepala Balai Besar Riset Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan, dan Musytaqim Nasr, S.T., M.T., Environment Health and Safety Manager dari PT Semen Padang.  

Talkshow yang bertema “Hijaukan Bumi, Selamatkan Laut: Aksi Nyata Lestarikan Bumi Kita dan Renewable Energy Transformation for Sustainability of the Earth and Career Opportunities with Semen Padang” ini menyoroti berbagai solusi nyata untuk pelestarian lingkungan serta peluang karier di sektor energi terbarukan. 

Sekretaris Universitas Andalas Dr. Aidinil Zetra, MA mengajak mahasiswa dan pelajar yang hadir untuk berperan aktif dalam mencari solusi atas berbagai permasalahan lingkungan.  

Ia juga memuji langkah BEM KM yang mampu mendekatkan isu lingkungan kepada generasi muda, sehingga mereka merasa memiliki tanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan. 

Komitmen BEM KM Universitas Andalas terhadap isu lingkungan juga terlihat dari penyelenggaraan acara yang ramah lingkungan. Konsumsi yang disediakan menggunakan daun pisang dan air isi ulang, serta peserta diwajibkan membawa botol air pribadi, mencerminkan upaya untuk mengurangi sampah plastik. 

Selain talkshow, acara ini juga diwarnai dengan penampilan teater dan berbagai lomba kreatif yang semakin menambah semarak kegiatan Green Rangers Event. Acara ini diharapkan dapat mendorong peningkatan kesadaran lingkungan dan partisipasi aktif mahasiswa dan pelajar dalam menjaga kelestarian alam.(*) 

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik