Padang (UNAND) – Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-68, Universitas Andalas menggelar pertandingan “Tenis Eksekutif” yang melibatkan mitra-mitra strategis seperti Kejaksaan Tinggi (Kajati), Polda Sumatera Barat, perguruan tinggi se-Sumatera Barat, bank-bank mitra, dan alumni.

Acara ini diadakan sebagai upaya mempererat hubungan antara Universitas Andalas dengan berbagai pihak yang berperan penting dalam kemajuan institusi. Pertandingan yang berlangsung di lapangan tenis Universitas Andalas pada Sabtu (15/9) dibuka secara resmi oleh Rektor Efa Yonnedi, Ph. D.

Ia menekankan pentingnya menjaga kesehatan melalui olahraga, sekaligus memanfaatkan kesempatan ini untuk memperkuat sinergi dan kolaborasi yang positif. “Selain menjaga kesehatan, kita berharap pertandingan ini dapat menjadi wadah untuk menjalin kolaborasi strategis yang berdampak pada kemajuan institusi,” ujar Rektor sebelum melakukan serve simbolis sebagai tanda dimulainya pertandingan.

Rektor juga mengapresiasi semangat para peserta dan berharap acara ini dapat membuka peluang kerja sama yang lebih luas. “Selamat bertanding, semoga dari ajang ini terjalin kerja sama dan peluang strategis yang akan bermanfaat bagi kemajuan kita bersama,” tambahnya.

Selain pertandingan tenis, rangkaian Dies Natalis ke-68 Universitas Andalas juga mencakup kegiatan amal melalui "Andalas Golf Tournament". Turnamen golf yang digelar sehari sebelumnya berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp500 juta.

Sebagian dari dana tersebut, yakni Rp150 juta, akan dialokasikan untuk beasiswa mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mampu, sementara Rp350 juta disalurkan ke dana abadi Universitas Andalas.

Dana abadi ini, yang ditargetkan mencapai Rp1 miliar, diluncurkan secara resmi pada acara Alumni Leaders Forum. "Kami berharap dana abadi Universitas Andalas bisa terus berkembang dan menyamai kampus-kampus besar seperti ITB, UGM, dan IPB yang sudah mencapai angka ratusan miliar," ujar rektor.

Saat ini, Universitas Andalas telah mengumpulkan dana sebesar Rp24 miliar. Rektor juga menegaskan pentingnya dukungan dari seluruh elemen, termasuk para eksekutif, untuk mewujudkan visi besar ini. “Dengan kebersamaan, kita bisa mencapai tujuan besar,” pungkasnya, menyemangati para peserta pertandingan tenis,” tuturnya.

Ajang “Tenis Eksekutif” ini, dikatakannya, tidak hanya menjadi simbol kebugaran, tetapi juga kolaborasi yang lebih erat antara Universitas Andalas dan mitra strategis dalam mendukung visi dan misi universitas ke depan.(*)

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik