Padang (UNAND) – Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi (LIP) Universitas Andalas menerima kunjungan mahasiswa S2 Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

Kunjungan ini merupakan kuliah lapangan yang ingin mempelajari lebih dalam tentang standar pelayanan dan fungsi Humas, Protokoler, dan LIP Universitas Andalas yang dipimpin oleh Dr. Elva Ronaning Roem, M. Si, sebagai dosen pengampu mata kuliah SPIK.

Dalam kunjungan ini, sebanyak 28 mahasiswa turut hadir, termasuk dua mahasiswa asing dari Madagaskar dan Thailand. “Kunjungan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang komprehensif tentang bagaimana Humas Universitas Andalas menjalankan tugasnya, khususnya terkait dengan komunikasi internal dan eksternal, serta bagaimana humas membangun jaringan dengan berbagai pihak,” ujar Elva Ronaning Roem.

Menurutnya, kesempatan ini sangat berharga karena memberikan wawasan nyata mengenai peran Humas Universitas Andalas, yang bisa menjadi pembelajaran penting bagi mahasiswa. "Kunjungan ini diharapkan dapat memperkaya pemahaman mahasiswa mengenai layanan publik dan komunikasi yang efektif di institusi pendidikan tinggi," tuturnya.

Sementara itu, Dr. Ernita Arif, M. Si Kepala Kantor Humas, Protokoler, dan LIP Universitas Andalas, menyambut baik kunjungan tersebut. Ia menjelaskan meskipun tamunya adalah bagian dari Universitas Andalas, di mana kegiatan seperti ini biasanya dilakukan di lembaga humas eksternal.

"Kami bangga bisa berbagi pengetahuan dan pengalaman terkait tugas serta wewenang humas, sesuai dengan Peraturan Rektor Nomor. 8 Tahun 2022," ungkap Ernita.

Ernita juga menyoroti perkembangan Humas dan LIP Universitas Andalas setelah perubahan status menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH). "Setelah bertransformasi, kami melakukan berbagai perbaikan mulai dari sumber daya manusia, program, hingga fasilitas ruangan," jelasnya.

Ia juga menambahkan Humas dan LIP memiliki moto "Komunikatif, Sinergi, Melayani", yang menjadi landasan utama dalam menjalankan tugas.

Selain itu, Humas, Protokoler, dan LIP Universitas Andalas juga memberikan ruang bagi mahasiswa untuk mengembangkan kreativitas melalui program Humas Muda dan Duta KIP. “Para mahasiswa yang bergabung dapat berkontribusi dalam berbagai kegiatan, termasuk pembuatan konten hingga penyelenggaraan acara,” ucapnya yang didampingi KASI LIP Rina Kurnia, S. Kom.

Prestasi yang telah diraih Humas dan LIP Universitas Andalas tidak hanya di tingkat internal, tetapi juga diakui secara nasional. Di antaranya adalah perolehan Medali Emas dalam Anugerah Humas Diktiristek serta penghargaan Badan Publik dengan Kualifikasi Informatif dari Komisi Informasi Pusat, yang diserahkan di Istana Wakil Presiden RI. (*)

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi