Padang (UNAND) – Dalam rangka merayakan Dies Natalis ke-68, Universitas Andalas menggelar berbagai kegiatan, salah satunya adalah Turnamen Futsal antar mahasiswa. Turnamen ini diikuti oleh 16 tim dari berbagai fakultas, dan berlangsung di Lapangan Futsal Kampus Limau Manis pada Selasa (17/9). Acara dibuka secara resmi oleh Sekretaris Universitas, Dr. Aidinil Zetra, MA, yang mewakili Rektor Universitas Andalas.

Dalam sambutannya, Dr. Aidinil Zetra menjelaskan alasan memilih futsal sebagai salah satu kegiatan perayaan Dies Natalis. Menurutnya, olahraga ini memiliki banyak pelajaran dan nilai yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. “Melalui turnamen futsal, kita dapat membangun semangat kebersamaan dan kolaborasi antar mahasiswa. Selain itu, turnamen ini juga bertujuan untuk mempererat kekompakan di antara para atlet,” ujarnya.

Ia juga menambahkan setiap aspek dalam permainan futsal mengandung makna filosofis yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan. "Ketika seorang atlet melakukan dribble, mereka sebenarnya sedang belajar menghadapi berbagai tantangan dalam hidup. Ada tendangan kuat dan lambat, ada kontrol, dan ada bola yang melambung tinggi, semua itu mencerminkan proses membangun rasa percaya diri, cita-cita, dan impian,” terangnya yang juga merupakan dosen Ilmu Politik di Universitas Andalas.

Aidinil berharap melalui turnamen ini, para mahasiswa tidak hanya berkompetisi untuk meraih kemenangan, tetapi juga menjadikan acara ini sebagai sarana untuk saling mengenal dan mempererat tali persaudaraan antar mahasiswa.

"Kemenangan tentu penting, tetapi yang lebih utama adalah bagaimana kita bisa belajar dari prosesnya dan meraih kesuksesan bersama-sama," tambahnya.

Selain itu, ia menekankan pentingnya sportivitas dalam bertanding, dengan menghormati teman setim dan lawan di lapangan. "Dengan menjunjung tinggi sportivitas, kita dapat membangun lingkungan yang positif, baik di dalam maupun di luar lapangan," tekannya.

Turnamen futsal ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi seluruh mahasiswa Universitas Andalas, sekaligus memperkuat rasa kebersamaan di kalangan civitas academika.(*)

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik