Padang (UNAND) – Guna memberikan wawasan kepada mahasiswa betapa pentingnya keterampilan berorganisasi dalam menghadapi dunia kerja di era digital, Universitas Andalas kembali mengadakan Alumni Sharing Session Tahap 2 di Gedung Convention Hall Universitas Andalas (16/10).

Tema yang diangkat kali ini ialah “Pentingnya Kemampuan Soft-Skill Berorganisasi Bagi Mahasiswa di Era-Digital” dengan menghadirkan Direktur Eksekutif Masyarakat Jurnalis Lingkungan Indonesia (SIEJ) yang juga alumni MAPALA UNAND, Nanang Farid Syam.

Dalam penyampainnya, Nanang menekankan bahwa soft-skill tidak bisa diraih secara instan, dibutuhkan latihan secara rutin melalui berbagai pengalaman, termasuk ikut organisasi. “Kita bisa mendapatkan hard-skill diruang kelas, tetap soft-skill harus kita dapatkan diluar dan perlu dilatih, seperti pendaki gunung, memiliki tujuan yang jelas, yaitu mencapai puncak,” ucap Nanang.

Nanang juga berbagi pengalaman pribadinya, dimana setelah lulus, ia tidak pernah melamar pekerjaan secara langsung, ia mendapatkan peluang melalui jaringan dan koneksi yang ia bangun selama berorganisasi.  Beliau menghimbau para mahasiswa untuk tidak ragu mengambil resiko dan kesempatan yang ada. 

Salah satu pertanyaan yang muncul dari mahasiswa adalah mengenai sepinya peminat organisasi karena berjalannya program MBKM. Menanggapi hal tersebut, Nanang menganggap kehadiran program MBKM dan eksistensi organisasi harusnya dapat menjadi alternatif pilihan bagi mahasiswa.

“Apapun yang dipilih kita harus ingat tujuan awal, tidak setiap orang suka berorganisasi maupun MBKM, begitupun sebaliknya. Setiap program yang dipilih terdapat konsekuensi yang didapatkan, seperti tidak akan mendapatkan kesempatan mencoba hal lain jika terlalu memilih. Namun, jika itu keadaan logis yang harus dihadapi maka lakukanlah,” tambah Nanang dalam sesi diskusi.

Acara ini juga dihadiri oleh Ketua Harian DPP IKA UNAND, Dr. dr. Muhammad Riendra, Sp. BTKV, Subsp.VE (K), FIATCVS dan Wakil Rektor IV, Dr. Henmaidi, S.T., M.Eng. Sc. 

Dr. Henmaidi mengatakan bahwa sukses tidak harus dengan nilai akademik yang sempurna, memanfaatkan kesempatan aktif dalam kegiatan kemahasiswaan juga termasuk jalan menuju kesuksesan, karena akan terbangun soft-skill terlatih yang tidak didapatkan didalam kelas.

Alumni Sharing Session ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa UNAND untuk terus mengembangkan soft-skill mereka, baik melalui kegiatan organisasi maupun program-program lain yang mendukung pengembangan diri di era digital. 

 

Humas, Protokol, dan Layanan Informasi Publik