Malang (UNAND) - Tim Pejabat Pengelola Dokumentasi dan Informasi (PPID) Universitas Andalas (UNAND) bertekad untuk meningkatkan peringkat pada Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dengan melakukan kunjungan kerja ke Universitas Brawijaya (UB) dan Universitas Negeri Malang (UM) pada Senin, 13-14 Mei di Kota Malang, Jawa Timur.

Sekretaris Universitas selaku PPID Utama Dr. Aidinil Zetra, S.IP.,MA mengatakan tahun lalu Universitas Andalas meraih kategori Informatif dalam Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Pusat.

“Predikat ini harus dipertahankan dan kita harus melakukan strategi dan inovasi untuk meningkatkan peringkat KIP UNAND di tingkat nasional,” ujarnya. Menurutnya, ini penting sebagai salah satu upaya melalui peningkatan kapasitas Tim PPID UNAND dengan menggali ilmu dan pengalaman praktis kepada perguruan tinggi yang masuk tiga besar nasional sehingga dapat mengembangkan inovasi kemudahan akses informasi kepada seluruh kalangan publik.

Selain Sekretaris Universitas, tim PPID yang berkunjung ke UB dan UM adalah Kepala Kantor Humas, Protokol, dan Layanan Informasi Publik Dr. Ernita Arif, M.Si, Kepala Seksi Layanan Informasi Publik Rina Kurnia, S.Kom beserta staff.

Dalam kunjungan Tim PPID UNAND ke UB, Sekretaris Universitas Brawijaya Dr. Tri Wahyu Nugroho, S.P., M.Si sangat senang bisa berbagi pengalaman dan informasi dengan Universitas Andalas terkait KIP.

“UB telah lima tahun berturut-turut dapat mempertahankan predikat informatif dan masuk tiga besar nasional dalam Monev KIP,”ujarnya.

Senada dengan itu, Dr. Ernita Arif menuturkan kunjungan kerja ke UB dan UM tidak hanya menggali tentang PPID tetapi juga berkaitan dengan bidang kehumasan karena dua bidang ini suatu unit yang saling berkaitan satu sama lainnya.

Selanjutnya, dalam kunjungan ke Universitas Negeri Malang, Tim PPID UNAND disambut oleh Wakil Rektor IV bidang Prof. Arif Nur Afandi, S.T., M.T., MIAEng, PH. D, Direktur perencanaan dan monitoring & evaluasi, data dan informasi, pemeringkatan, Humas dan kerjasama (PDIPHK), Dr. Yuni Rahmawati, S.T., M.T, Kepala seksi Humas: Kartika Lazuardi, S.AP beserta tim PPID UM.

Prof. Arif mengatakan Universitas Negeri Malang (UM) mengembangkan 125 aplikasi yang dapat disinkronkan pelayanan digital di lingkungan UM. “Kita memang mengarahkan ke layanan smart kampus dengan didukung infratruktur teknologi informasi sehingga dapat memaksimalkan semua data layanan informasi satu pintu,” ujarnya.

Ditambahkannya, informasi dapat diakses dan terintegrasi mulai dari gawai dan akan kembangkan dengan salah satu inovasi paling menarik yaitu Artificial Intelligence (AI) karena dengan sekarang berkembang menjadi bagian penting dalam bidang pelayanan informasi publik.

Direktur perencanaan dan monitoring & evaluasi, data dan informasi, pemeringkatan, Humas dan kerja sama (PDIPHK), Dr. Yuni Rahmawati, S.T., M.T, menambahkan UM menjadi pamuncak pada Keterbukaan Informasi Publik badan publik perguruan tinggi tidak terlepas dari komitmen pimpinan dan kerja keras tim PPID UM sehingga mendapatkan nilai tertinggi.

Humas, Protokol, dan Layanan Informasi Publik UNAND