Padang (UNAND)  - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Andalas menggelar Rapat Terbuka Senat dalam rangka Dies Natalis ke-31.

Berlangsung di Gedung Serba Guna Fakultas Hukum Universitas Andalas pada Senin (13/5) mengusung tema “Membangun Jembatan Digital: Mengoptimalkan Komunikasi Digital untuk Mewujudkan Indonesia Emas 2045”.

Dalam kesempatan ini Acara diawali Yuliandre Darwis, Ph. D menyampaikan Orasi Ilmiah mengenai komunikasi digital memiliki peran penting dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

“Dengan memanfaatkan komunikasi digital secara optimal dan berpegang teguh pada nilai-nilai 5P, kita dapat membangun jembatan digital yang kokoh untuk menghubungkan seluruh masyarakat Indonesia dan mewujudkan visi Indonesia Emas 2045,” ujarnya.

Ia menjelaskan 5P yang dimaksud merupakan Pancasila, Persatuan, Perdamaian, Progresif, dan Partisipatif. “Kita bisa menciptakan masyarakat yang terhubung, terinformasi, dan berdaya,” ujarnya.

Dikatakannya, untuk bisa membangun ekonomi digital yang kuat dan inovatif, mesti harus meningkatkan diplomasi dan kerja sama internasional melalui platform digital. “Mari kita jadikan komunikasi digital sebagai alat untuk membangun bangsa yang lebih baik mewujudkan Indonesia Emas 2045 dengan membangun jembatan digital yang kokoh,” tuturnya.

Sementara itu, Dekan FISIP  Universitas Andalas Dr. Azwar, M.Si, mengungkapkan berbagai prestasi yang telah diraih baik di bidang akademik maupun non-akademik.

“Saat ini, FISIP Universitas Andalas memiliki enam Program Studi (Prodi) sarjana, empat program studi magister, dan dua program studi doktor,” sebutnya. Selain itu, dekan juga menyampaikan FISIP Universitas Andalas memiliki 34 dosen yang berpendidikan S3 dan 5 dosen dengan jabatan akademik guru besar.

Senada dengan itu, Rektor Universitas Andalas Efa Yonnedi, Ph. D mengapresiasi FISIP atas berbagai prestasi yang telah diraih. Ia berharap agar FISIP  Universitas Andalas terus meningkatkan prestasinya dan menjadi fakultas yang unggul di tingkat nasional dan internasional.

Ia juga berpesan kepada seluruh Civitas Akademika FISIP untuk terus berinovasi dan kreatif dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. “FISIP harus menjadi pusat kajian dan penelitian di bidang ilmu sosial dan ilmu politik, dan mampu memberikan solusi-solusi yang tepat untuk berbagai permasalahan bangsa,” pungkasnya.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan pemberian berbagai penghargaan kepada Dosen Terfavorit : Sosiologi: Dr. Indraddin, S.Sos., M.Si, Antropologi: Prof. Dr. Rer. Soz. Nursyirwan Effendi, Ilmu Politik: Andri Rusta, S.IP., M.PP, Hubungan Internasional: Putiviola Elian Nasir, S.S., M.A, Ilmu Komunikasi: Dr. Elva Ronaning Roem, S.Sos., M.Si, dan Administrasi Publik: Dr. Roni Ekha Putra., S.IP., M.PA.

Lalu, penghargaan juga diberikan kepada Tenaga Pendidik Berprestasi Risman Yulianto, Mahasiswa Berprestasi Meylan Zhara Astira (2023), Departemen Berprestasi Ilmu Politik.(*)

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik