Padang (UNAND) – Dalam waktu dekat Universitas Andalas akan membuka jalur Seleksi Masuk (SIMA) bagi calon mahasiswa dengan berbagai jalur pilihan yang tersedia.

Ada enam jalur yang tersedia untuk SIMA tahun 2024 yakni SIMA Akademik, SIMA Prestasi, SIMA Kerja Sama, SIMA Penyandang Disabilitas, SIMA Kelas Internasional, SIMA Mahasiswa Internasional.

Untuk tahun ini Universitas Andalas menerima calon mahasiswa baru sebanyak 7.505 untuk Program Diploma (DIII) dan juga Sarjana (S1) dari tiga jalur penerimaan, khusus jalur SIMA kuota yang tersedia sebesar 30 persen dari total penerimaaan yakni sebanyak 2.283 orang.

Wakil Rektor I Universitas Andalas Prof. Syukri Arief mengemukakan penerimaan mahasiswa baru jalur SIMA tidak banyak yang berbeda dengan tahun lalu, bedanya dengan tahun sekarang sudah mengakomodir kurikulum merdeka.

“Kurikulum merdeka siswa bisa saja memilih berdasarkan kompetensi tidak dikelompokkan berdasarkan IPA ataupun IPS,” terangnya pada saat konferensi pers bersama awak media pada Rabu (22/5) di Ruang Rapat Senat Gedung Rektorat Kampus Limau Manis.

Tahap jalur SIMA Prestasi, SIMA Akademik Nilai UTBK, SIMA Akademik Ujian Tulis, dan SIMA Kelas Internasional pendaftarannya dimulai tanggal 27 Mei – 24 Juni 2024, pengumuman hasil seleksi 7 Juli 2024, pendaftaran ulang 12 -21 Juli 2024, ujian tahfidz SIMA Prestasi subjalur non lomba 1 – 2 Juli 2024, ujian mengambar bagi peserta yang memilih prodi arsitektur 1 Juli 2024, dan ujian tulis SIMA Akademik ujian tulis 2 – 4 Juli 2024.

Sedangkan untuk SIMA Kerja Sama dan Difabel pendaftarannya dimulai pada tanggal 20 -27 Juni 2024, pengumuman hasil 7 Juli 2024, pendaftaran ulang 12 – 21 Juli 2024, ujian mengambar bagi peserta yang memilih Prodi Arsitektur 1 Juli 2024, dan wawancara SIMA Difabel 1 – 2 Juli 2024.

Untuk SIMA ini dikatakannya, calon peserta boleh mendaftar pada lebih dari 1 jalur seleksi dengan membayar biaya pendaftaran pada setiap jalur yang dipilih, namun pilihan Program Studi (Prodi) dan urutannya harus sama disetiap jalur, maksimal 3 pilihan Prodi.

“Peserta juga dapat melakukan sanggah terhadap hasil SIMA paling lambat 5 (lima) hari kerja setelah pengumuman hasil seleksi melalui email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. dengan melampirkan bukti pendukung yang dapat dipertanggungjawabkan,” ujarnya yang didampingi Direktur Pembelajaran dan Pendidikan Universitas Andalas dr. Nur Afrainin Syah, Ph. D dan Kepala Humas, Protokoler dan Layanan Informasi Dr. Ernita Arif, M. Si.

Prof. Syukri juga menyampaikan khusus untuk jalur ini tidak menerima mahasiswa KIPK, karena dengan kuota terbatas Universitas Andalas memprioritaskan untuk jalur SNBP dan SNBT.

Untuk informasi lebih lengkap terkait penerimaan mahasiswa baru Universitas Andalas dapat mengunjungi laman pmb.unand.ac.id atau juga dengan mengakses akun media sosial IG, Facebook, Tiktok dan Twitter @unandofficial.

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik