Padang (UNAND) - Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Andalas (BEM KM UNAND) membuka program pengabdian masyarakat Sekolah Sampah Limpapeh di Kelurahan Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan, Padang, Sumatera Barat.

"Program Sekolah Sampah Limpapeh dilatarbelakangi oleh kondisi strategis Kelurahan Batang Arau yang dialiri oleh Sungai Batang Arau, perempuan di Batang Arau mayoritas berprofesi sebagai ibu rumah tangga, serta Kelurahan Batang Arau memiliki potensi yang besar dalam bidang pariwisata," ujar Ketua Pelaksana Arga Zaifullah pada Sabtu (6/7) di Kantor Lurah Batang Arau.

Dikatakannya, program ini bertujuan untuk mengoptimalisasikan pemberdayaan perempuan dalam upaya pengentasan sampah di Batang Arau dicapai melalui pemberian pelatihan dan bimbingan untuk meningkatkan pemahaman, pengetahuan, dan skill terkait pengelolaan sampah agar menjadi nilai tambah bagi perekonomian masyarakat.

Lebih lanjut, ia menyampaikan Sekolah Sampah Limpapeh ini akan dilaksanakan selama dua belas kali pertemuan hingga dengan September 2024. ”Dua belas kali pertemuan tersebut akan diisi dengan pembekalan materi dan pelatihan bagi peserta sekolah yang didampingi oleh dosen pendamping PPK Ormawa Risti Kurnia Dewi, S.Gz., M.Si,” tambahnya.

Direktur Kemahasiswaan Universitas Andalas Khandra Fahmy Ph.D menuturkan PPK Ormawa merupakan salah satu implementasi dari kebijakan Kemendikbudristek. “Melalui program ini mahasiswa dapat berlatih menjadi pemimpin transformasional dalam menyelesaikan berbagai permasalahan di masyarakat,” terangnya.

Diharapkannya, mahasiswa dapat memanfaatkan kegiatan ini untuk mengasah kemampuan dalam berpikir kritis, kreatif, dan produktif kepada masyarakat di desa atau kelurahan agar terbangun wilayah binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha, dan sejahtera.

Di sisi lain, Khandra juga berharap kepada masyarakat agar mampu menemukan dan mengembangkan potensi yang sudah ada untuk dikelola menjadi kegiatan nyata atau mengembangkan kegiatan yang telah dirintis menjadi lebih berkembang dan bermanfaat sehingga dapat mewujudkan ketahanan nasional di wilayah Republik Indonesia.

Senada dengan itu, Camat Padang Selatan Anhal Mulya Perkasa, S. STP., M. PA menekankan pentingnya dukungan serta kolaborasi antara universitas, instansi, dan masyarakat demi mencapai keberhasilan program pengabdian.

Tampak hadir dalam kegiatan ini, Lurah Batang Arau, Wakil Presiden Mahasiswa BEM KM UNAND, perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang, Dinas Pertanian Kota Padang, Dinas P3AP2KB Kota Padang, Dinas Kominfo Kota Padang, Dinas Sosial Kota Padang, Ketua Bank Sampah Pancadaya, Kader PKK, Ketua Pokja, RT dan RW setempat, serta kelompok masyarakat. (Ica Khair dan Gaizka Putri)

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik