Padang (UNAND) - Sambut Mahasiswa baru Universitas Andalas laksanakan Training Andalasian Character (TAC) ke - 10, dihadiri segenap unsur pimpinan yang berlangsung di Auditorium Universitas Andalas pada Senin (22/7).

TAC merupakan rangkaian dari tahapan PKKMB dengan tujuan untuk memperkenalkan Karakter Andalasian ke seluruh mahasiswa baru Universitas Andalas. Sebanyak kurang lebih 7500 Mahasiswa Baru akan melaksanakan TAC bersama trainer profesional.

TAC tahun ini dibagi menjadi 8 batch, pertama dimulai pada tanggal 22 Juli dengan dihadiri 900 mahasiswa, kemudian Batch terakhir akan dilaksanakan pada 1 Agustus 2024.

Pelaksanaan TAC tahun ke-10 mengusung tema Andalasian Value. Andalasian Value akan menjadi nilai-nilai yang terapkan dalam kehidupan sehari-hari mahasiswa. Generasi unggul akan dicetak melalui Andalasian Value dan mendukung Indonesia Emas 2045.

TAC sendiri dapat dikatakan sebagai pendidikan yang melibatkan berbagai macam aspek yaitu kognitif (pengetahuan), afektif (perasaan), dan juga aksi (tindakan). Melalui kegiatan ini tidak hanya menciptakan manusia yang menguasai cabang ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi juga yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, kreatif dan terampil serta brrbudaya.

Model Karakter Universitas Andalas ini disebut dengan SEJATI yaitu, Sabar, Empti, Jujur, Adil, Tanggungjawab, dan Ikhlas.

Rektor Universitas Andalas Efa Yonnedi Ph.D menyampaikan program TAC ini hanya dilaksanakan sekali namun pembentukkannya tidak cukup sehari. Oleh karena itu, mahasiswa harus membiasakan karakter tersebut dalam berorganisasi dan bersosialisasi di lingkungan kampus.

Rektor juga berharap melalui Training Andalasian Character akan lahir seorang mahasiswa dengan emosi cerdas yang akan menjadi bekal untuk menjalani kehidupan bermasyarakat.

Selain itu, ia juga berpesan pada mahasiswa baru untuk raih prestasi sebanyak mungkin namun dengan karakter SEJATI.

Pembukaan TAC Batch 1 juga ditandai dengan pengalungan kokarde kepada Mahasiswa Baru secara Simbolis oleh Rektor Universitas Andalas.

Training ini dilaksanakan bersama beberapa trainer diantaranya Henmaidi Ph.D selaku Wakil Rektor IV,  Kurniadi Ilham M.Si Dosen Departemen Biologi, Dr. Henny Herwina Dosen Biologi, Hasdi Putra, ST, MT Dosen Teknik Informasi, dan Herlambang Tinasih Gusti, SP Founder Lingkar Juara.(*)

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik