Jakarta (UNAND) - Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Andalas, Prof. Dr. Saldi Isra terima anugerah Bintang Mahaputera Adipradana yang diberikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo pada Senin (14/8), di Istana Negara, Jakarta. 

Bintang Mahaputera, bintang ini diberikan kepada mereka yang secara luar biasa menjaga keutuhan, kelangsungan, dan kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain Prof. Saldi Isra, anugerah Bintang Mahaputera, Bintang Jasa, dan Bintang Budaya Parama Dharma diberikan kepada total 18 tokoh dari seluruh Indonesia, dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia tahun 2023. 

Saldi Isra sendiri saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi Periode 2023-2028. Beliau merupakan lulusan sarjana Fakultas Hukum Universitas Andalas pada tahun 1994, Master of Public Administration di Universitas Malaya, Malaysia pada tahun 2001, dan menyelesaikan program doktoral di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta tahun 2009. 

Prof. Saldi Isra memang dikenal sebagai sosok yang berprestasi. Selain mendapat penghargaan Mahasiswa Berprestasi Nasional semasa kuliah, beliau juga aktif menulis di berbagai media massa maupun jurnal dalam lingkup nasional maupun internasional. Beliau dilantik dan menjabat hakim konstitusi sejak tahun 2017. 

Beliau telah mengabdi di Universitas Andalas selama lebih dari 22 tahun sebagai dosen di Fakultas Hukum. Beliau juga pernah menjabat Direktur Pusat Studi Konstitusi (PUSaKO) Fakultas Hukum UNAND yang memperhatikan isu-isu ketatanegaraan.