Padang (UNAND) – Sebanyak 50 siswa/i didampingi guru SMA Negeri 1 Talamau Kabupaten Pasaman Barat berkunjung ke Universitas Andalas (UNAND) dalam rangka studi kampus dan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru tahun 2024 mendatang.

Bertempat di Gedung Auditorium, Kampus Limau Manis, pada Senin (18/12), rombongan disambut langsung oleh Kepala Subdit Administrasi Data dan Informasi Pendidikan Asrul Ikhya, S.AP, M.A, yang sekaligus memberikan materi tentang profil Universitas Andalas serta berbagai hal yang berkaitan dengan sistem penerimaan mahasiswa baru yang baru saja dilaunching oleh Kemendikbudristek beberapa waktu lalu.

Asrul menyebutkan bahwa UNAND telah berdiri sejak tahun 1956 artinya sudah berumur 67 tahun. Di samping itu, sejak tahun 2021 UNAND sudah beralih status menjadi PTN-BH dengan akreditasi Unggul.

”Saat ini UNAND berhasil mempertahankan akreditasi Unggul dan kita harapkan sampai lima tahun ke depan dan seterusnya juga terakreditasi Unggul. Sejak menjadi PTN-BH, kita memiliki kewenangan untuk membuka dan menutup program studi baru. Untuk diketahui, di tahun 2024 akan ada tiga program studi baru yakni arsitektur, kewirausahaan, dan kedokteran hewan," paparnya.

Ia menambahkan UNAND memiliki lahan seluas 500 hektar dan yang baru digunakan baru sekitar 300 hektar. Artinya, ke depan UNAND masih akan terus membangun berbagai infrastruktur lainnya.

Di samping itu, UNAND juga memiliki pembinaan bagi mahasiswa baru dengan nama Training Karakter Andalasian yang disingkat dengan karakter “SEJATI”, yakni Sabar, Empati, Jujur, Adil, Tanggung-Jawab dan Ikhlas.

“Mahasiswa baru juga dibina untuk menjadi mahasiswa wirausaha dan akan diberi bantuan berupa insentif dalam mengembangkan usahanya dengan memasukkan proposal dengan memperhatikan mekanisme yang telah dibuat,” ucapnya.

Wakil Kepala bidang kurikulum SMAN 1 Talamau, Wesni, S.Pd, menyampaikan harapan bahwa kunjungan ini dapat menimbulkan terciptanya kerja sama yang baik antara SMAN 1 Talamau dengan UNAND

”Siswa-siswi kami nantinya akan memilih UNAND sebagai kampus tujuan utama yang ada di Indonesia ini,” ucapnya.

Humas, Protokol dan Layanan Informasi Publik UNAND