Padang (UNAND) – Calon Wakil Presiden (Cawapres) Nomor urut 3, Mahfud MD hadir dalam bedah visi-misi dan adu gagasan Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang diselenggarakan Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM)  Universitas Andalas dalam program Andalas Lawyers Club (ALC) tahun 2023.

Kegiatan ini bertempat di Gedung Convention Hall, Kampus Limau Manis, pada Senin (18/12) yang dimoderatori oleh Dr. Charles Simabura, SH, MH, Pakar Hukum Tata Negara Universitas Andalas.

Mahfud menyampaikan bahwa visi-misi Ganjar-Mahfud MD adalah ‘Menuju Indonesia Unggul: Gerak Cepat Mewujudkan Negara Maritim dan Lestari'.

Dengan tagline tersebut  ia menyampaikan dalam misinya terdapat 8 misi cepat, 23 bidang dan 120 program menuju Indonesia unggul.

Salah satu yang menjadi fokusnya adalah percepatan dalam aspek demokrasi Indonesia mendatang. "Maka sebagai wapres jika berhasil nanti, saya harus segera atau mempercepat atau melakukan percepatan pelaksanaan demokrasi substantif," ujarnya.

Selain itu, ia juga menyebut masalah Omnibus Law yang merupakan salah satu metode percepatan perumusan UU yang tidak banyak memakan waktu.

Dalam hal ini, Omnibus Law diberlakukan pada peraturan tertentu saja tidak buat semua peraturan. “Omnibus Law merupakan metode yang tidak wajib digunakan tapi boleh menggunakan Omnibus Law sebagai satu metode percepatan peraturan perundang-undangan,” ujarnya.

Presiden Mahasiswa UNAND Yodra Muspierdi menyampaikan bahwa pemuda merupakan pemilik suara mayoritas pada pemilu 2024 mendatang dengan persentase sebanyak 56 persen. “Bagaimana 56 persen ini bisa memberikan suaranya pada pesta demokrasi mendatang sehingga melahirkan pemimpin yang berkualitas,” ucapnya.

Rektor UNAND Dr. Efa Yonnedi S.E., MPPM, Akt., CA, CRGP menyampaikan bahwa kampus merupakan tempat academic freedom atau kebebasan berpendapat dengan cara yang intelek dan bermartabat.

”Kampus adalah tempat melakukan discursus public tanpa memihak dari calon manapun. Atas dasar itu, sebagai tuan rumah kampus terbaik di Sumatera Barat ini nantinya akan melahirkan pikiran-pikiran hebat bagi kemajuan Indonesia,” ucapnya.

Suasana ALC 2023

ALC 2023 ini menghadirkan panelis yang pakar dibidangnya yakni Dr. Khairul Fahmi, M.H (Dosen Hukum Tata Negara Universitas Andalas), Dr. Fajri Muhardja (Dosen Ilmu Ekonomi Universitas Andalas), dan Dr. Heri Bachrizal Tanjung (Dosen Pertanian Universitas Andalas).

Humas, Protokol dan Layanan Informasi Publik UNAND