Padang (UNAND) – Rektor Universitas Andalas Dr. Efa Yonnedi, SE, Akt melantik empat orang Wakil Rektor, dua orang Ketua Lembaga, dan Direktur Sekolah Pascasarjana, pada Rabu (03/01) di Convention Hall Universitas Andalas.

Acara Pelantikan, Serah Terima dan Sumpah Jabatan ini menjadi rangkaian berikutnya setelah pelantikan rektor terpilih yang dilaksanakan akhir November lalu.

Adapun yang mengisi jabatan strategis di Universitas Andalas untuk lima tahun ke depan tersebut yakni Wakil Rektor I (Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan) Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng, menggantikan Prof. Mansyurdin, Wakil Rektor II (Bidang Keuangan dan Pengelolaan Aset) Dr. Khairul Fahmi, S.H., M.H, menggantikan Prof. Dr. dr. Wirsma Arif Harahap, SpB(K)Onk.

Wakil Rektor III (Bidang Sumber Daya Manusia dan Teknologi Informasi) Dr. Hefrizal Handra, M.Soc.Sc, menggantikan Ir. Insannul Kamil, Ph. D, ASEAN Eng, Wakil Rektor IV (Bidang Perencanaan, Riset, Inovasi, dan Kerja Sama) Dr. Henmaidi, S.T., M.Eng.Sc, menggantikan Dr. Hefrizal Handra, M.Soc.Sc

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Prof. Dr. Techn. Marzuki, M.Sc.Eng, menggantikan Dr.-Ing. Ir. Uyung Gatot Syafrawi Dinata, M.T., Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Prof. Nilda Tri Putri, S.T., M.T., PhD. IPU ASEAN Eng, menggantikan Prof. Dr. Apt. Henny Lucida.

Lalu, Direktur Sekolah Pascasarjana Prof. Dr. Apt. Henny Lucida, menggantikan Prof. Dr. rer. soz. Nursyirwan Effendi.

Rektor menyebut, pemilihan kandidat untuk menempati posisi-posisi tersebut sesuai dengan pengalaman serta dedikasi mereka terhadap Universitas Andalas sejauh ini, serta pelantikan ini menjadi langkah besar dalam transformasi menuju kemandirian dan keunggulan sebagai perguruan tinggi terkemuka.

“Mereka bukan hanya pemimpin akademis, tetapi juga agen perubahan yang akan mendorong inovasi, kolaborasi, dan kreativitas di seluruh lapisan universitas,” ujarnya.

Ia yakin dengan pengalaman dan dedikasi tersebut, Universitas Andalas akan semakin berkembang dan memberikan kontribusi signifikan bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan masyarakat.

Beberapa harapan dan target yang sempat disebut rektor antara lain peluncuran kurikulum Universitas Andalas tahun 2024 yang in-line dengan program MBKM, berbagai project strategis pembangunan (food court, gedung serbaguna, parkir bertingkat, dan sebagainya), revitalisasi gedung kuliah, hingga menargetkan Universitas Andalas memiliki 75% program studi yang terakreditasi internasional.

Selain pelantikan, dilangsungkan juga acara pisah sambut Rektor dan Wakil Rektor periode 2019-2023 ke Rektor serta Wakil Rektor periode 2023-2028.

Rektor mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Wakil Rektor, Ketua Lembaga, dan Direktur Sekolah Pascasarjana sebelumnya atas pengabdian dan dedikasinya selama memimpin Universitas Andalas.

Humas, Protokol, dan Layanan Informasi Publik