Padang (UNAND) – Universitas Andalas menggandeng PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) untuk memberikan pembekalan kepada seluruh calon wisudawan.

Berlangsung pada Rabu (6/3) di Gedung Convention Hall Kampus Limau Manis, mengusung tema Let’go Beyond, Encounter your New Challenge with Profesional Outlook, dengan menghadirkan narasumber M. Haidar Ramdani (People Business Partner Sumbangteng), Muhammad Rizki (CEO Meer Group).

Kepala UPT Kewirausahaan Universitas Andalas Dr. Nofialdi, MSi mengemukakan kegiatan hari ini sengaja dirancang untuk para lulusan pada wisuda kedua tahun 2024, dengan memberikan pembekalan sebelum terjun ke dunia kerja.

Dikatakannya, sekitar 1.334 wisudawan yang akan diwisuda pada periode II tahun ini, dan semuanya diharuskan mengikuti pembekalan.

Lebih lanjut, Dosen Fakultas Pertanian ini menuturkan Universitas Andalas menghasilkan lulusan terkemuka dan bermatabat dengan tujuan utama lulusan yang berdaya saing, memiliki jiwa kewirausahaan serta berkarakter.

“Setiap lulusan harus punya daya saing dan jiwa kewirausahaan serta karakter,” sambungnya. Disampaikannya, ketika memasuki dunia kerja pertama kali yang dilihat adalah pengetahuan dan ketrampilan tetapi agar bisa bertahan di lingkungan kerja tidak cukup hanya pengetahuan dan ketrampilan saja namun dibutuhkan attitude, sikap dan karakter sehingga bisa berkarir lebih jauh.

Menurutnya, pembekalan terhadap lulusan menjadi hal yang baik karena keberhasilan di dunia kerja tidak hanya hard skill tetapi juga soft skill seperti kemampuan berkomunikasi, berinterkasi, dan kemampuan membagi waktu.

Sementara itu, Hasanul Haq GM Telkomsel Sumbagteng menilai kehadiran calon wisudawan berkumpul diruangan ini dalam mengikuti pembekalan sebelum wisuda sangat baik agar tetap semangat dan optimis meraih cita-cita yang diimpikan.

Baginya, kegiatan ini sangat perlu dan Universitas Andalas memahami kebutuhan para wisudawan terkait apa yang dijalankan setelah mengikuti prosesi wisuda.

“Universitas Andalas juga memantau para alumni melalui pusat karir setelah enam (6) bulan, apakah sudah mendapatkan pekerjaan atau melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi atau bahkan ada yang menjadi entrepreneur,” pungkasnya. (*)

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik