Padang (UNAND) - Universitas Andalas sambut antusias kerja sama dengan Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kementerian Perhubungan melalui penandatanganan nota kesepakatan yang dilakukan di Ruang Sidang Senat Gedung Rektorat Kampus UNAND, pada Selasa (5/3/2024).

Kerja sama yang dijalin menyangkut penyelenggaraan analisis rekomendasi kebijakan bidang transportasi. Hal ini guna mendukung proses antisipasi isu-isu strategis yang perlu ditangani dengan cepat dan tepat. Adapun isu-isu strategis tersebut di antaranya: kebijakan seaplane sebagai moda alternatif, potensi drone sebagai moda pengangkutan penumpang dan barang, potensi bandar udara perairan, serta penanganan Over Dimension Over Loading (ODOL).

Universitas Andalas selaku mitra diharapkan mampu memberikan rekomendasi kebijakan yang solutif atas permasalahan dan tantangan penyelenggaraan transportasi. Capt. Ivrianto Suratno. S,Pd. M.M selaku sekretaris Badan Kebijakan Transportasi juga menyampaikan rasa terima kasih terhadap komitmen dan dukungan Universitas Andalas dalam menciptakan pelayanan transportasi yang efektif dan efisien.

"Saya sampaikan rasa terima kasih kepada Universitas Andalas karena berkomitmen dan mendukung Kementrian Perhubungan dalam menciptakan pelayanan transportasi yang efektif dan efisien, serta nyaman, aman, dan selamat," ungkapnya.

Diskusi Rektor dengan BKT Kemenhub

Adapun beberapa agenda yang akan dilaksanakan dalam rangka kerja sama ini yaitu: 
1. Penyelenggaraan analisis dan rekomendasi kebijakan bidang transportasi;
2. Pemanfaatan dan/atau pertukaran tenaga ahli yang dimiliki oleh kedua belah pihak;
3. Peningkatan kualitas sumber daya manusia;
4. Pertukaran pemanfaatan data dan/atau informasi sesuai ketentuan perturan perundang-undangan;
5. Pemanfaatan sarana dan prasarana;
6. Publikasi ilmiah, pertemuan ilmiah, dan seminar;
7. Implementasi program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM);
8. Praktisi mengajar;

Rektor UNAND Dr. Efa Yonnedi menyambut kerja sama ini sebagai inovasi baru dan mendukung akselerasi yang memberikan manfaat bagi kedua institusi, yang dusebut juga menunjang dalam mewujudkan tupoksi Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Sebuah penghargaan bagi UNAND menjalin  kerja sama dengan pihak mitra tentu dengan konteks akselerasi dan inovasi hang tentu memberi manfaat bagi kedua belah pihak," ujarnya. (De)

 

Humas, Protokol, dan Layanan Informasi Publik Universitas Andalas