Padang (Unand) – Universitas Andalas meluncurkan perubahan nomenklatur yang ditandai dengan pengukuhan jabatan Kepala dan Sekretaris Departemen dari berbagai fakultas yang ada di lingkungan kampus.

Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Yuliandri menyampaikan ini merupakan momentum perdana dilakukan dengan mengukuhkan 165 Kepala dan Sekretaris Departemen dari berbagai fakultas. 

“Salah satu hal yang menjadi pengaturan, penetapan sebagai organ akademik dlingkungan Universitas Andalas disebut Departemen,” ujarnya. Berdasarkan hasil pembahasan dan diturunkan melalui Peraturan Rektor Nomor 8 tahun 2022 dikatakannya, maka organ departemen merupakan pilar utama dari pengembangan akademik di lingkungan Universitas Andalas.

Lebih lanjut, ia menyampaikan dalam penetapan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 95 tahun 2021 dan Peraturan Rektor tersebut maka disamping pengukuhan sebagai ketua dan sekretaris departemen hari ini juga dilakukan peluncuran perubahan nomenklatur.

“Selama ini di lingkungan fakultas ada yang namanya jurusan dan bagian tetapi pada hari ini disepakati sebagai departemen,” ungkap Rektor Yuliandri.

Diluncurkan nama departemen dari masing-masing fakultas, dikatakannya sama halnya saat Universitas Andalas berubah status menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) yang ditandai dengan dies natalis pada 13 September tahun lalu.

Rektor mengungkapkan kegiatan ini sengaja dilakukan sebagai upaya untuk menjemput berbagai hal yang mungkin selama ini belum tercover sepenuhnya dalam menunjang proses akademik. 

“Sehingga kedepan bagaimana departemen ini setelah menjadi PTNBH,  meskipun secara mekanisme dan prosedural dari penetapan departemen sama tetapi target dan tanggung jawab sedikit perubahan,” sambungnya.

Nantinya, departemen akan mengembangkan orientasi dari setiap Program Studi (Prodi) terkait pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi. Disampaikannya tahun ini Universitas Andalas berhasil mencapai Prestasi terbaik untuk Indikator Kinerja Utama (IKU) 6 pada kategori PTN Badan Layanan Umum (BLU). 

“IKU 6 merupakan capaian persentase Prodi yang berhasil bekerja sama dengan Mitra Kelas Dunia,” terangnya. Terakhir, Rektor Yuliandri mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Prof. Rika Ampu Hadiguna atas dedikasinya selama menjalankan tugas sebagai sebagai Ketua Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi serta juga kepada Biro Akademik Drs. Imrizal, MM dan Biro Umum dan Sumber Daya Drs. Syafwardi, M.Pd dalam memajukan Universitas Andalas.(*)

Humas dan Protokol Unand