Padang (UNAND) - Tiga mahasiswa Universitas Andalas (UNAND) asal Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) berhasil raih sejumlah penghargaan pada ajang internasional 9th Southeast Asian Agricultural and Food Engineering Student Chapter Annual Regional Convention 2023 (ARC2023) yang diselenggarakan di Malaysia pada Minggu-Sabtu (20-26/8) lalu.

Ketiganya adalah Fini Febrianti, Salsa Nur Fadila, dan Fazha M. Hanafi, didampingi oleh dosen Nurmala Sari, S.TP, M.Si, yang berhasil meraih satu medali emas dalam kompetisi Innovation Exhibition, juara harapan kedua dalam kompetisi ARCMazing Race, serta juara harapan dua dalam kompetisi Multimedia Public Speaking.

ARC 2023 sendiri merupakan kompetisi yang diadakan oleh Department of Biological and Agricultural Engineering, Universiti Putra Malaysia, berkolaborasi dengan Malaysian Society of Agricultural and Food Engineers (MSAE). Tujuannya adalah untuk menjalin jaringan antar institusi industri, dan masyarakat baik di tingkat nasional maupun internasional.

Total sebanyak 99 mahasiswa dari empat negara ASEAN mengikuti kegiatan ini, yaitu Indonesia, Filipina, Malaysia, dan Thailand. Selain mahasiswa UNAND, peserta Indonesia lainnya berasal dari Universitas Gadjah Mada dan Universitas Brawijaya. Selain itu,

Kompetisi ini diikuti oleh 4 negara yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand dan Filipina dengan total 99 mahasiswa, 28 dosen pendamping dan 14 Universitas. Dari Indonesia, Universitas Andalas menjadi salah satu peserta selain Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Brawijaya. Pada tahun 2023 ini, terdapat beberapa kategori perlombaan yaitu  ARCMazing Race, AE Quiz,  Multimedia Public Speaking, Cultural Performance, and Innovation.

Kegiatan perlombaan yang sama tahun depan akan dilaksanakan kembali di Universiti Malaysia Perlis, Malaysia, pada tanggal 10 hingga 17 Mei mendatang.

 

Humas, Protokol, dan Layanan Informasi Publik UNAND