Padang (UNAND) – Universitas Andalas (UNAND) melakukan penandatanganan kerja sama dengan Universitas Sains Malaysia (USM) pada Senin, (28/8) di Ruang Rapat Senat Lantai IV UNAND.

Bentuk kerja sama yang dilakukan diantaranya adalah pertukaran dosen (faculties exchange), pertukaran mahasiswa (students exchange) dan melakukan riset bersama (joint research).

Dr. Eng Muhammad Makky Selaku Direktur Direktorat Kerja Sama dan Hilirisasi Riset Universitas Andalas menuturkan kerja sama ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas masing-masing universitas dan memperkuat hubungan baik di antara kedua belah pihak.

Disampaikannya, ke depan akan dilakukan pertukaran staf dan mahasiswa serta joint riset yang akan dilakukan secara berkelanjutan untuk tahun-tahun berikutnya.

“Ada beberapa judul penelitian riset yang menurut kita menarik dan bisa kita lakukan bersama dengan USM misalnya, Research Collaboration on Smoking Cessation among COVID-19 Survival and Non COVID- 19 Teenager, Research Collaboration on Quality of Life of Children with Disabilities and the Stress Levels of Parents in Community Based Rehabilitation, Research Collaboration on the Effectiveness of Catechin in Gambier On Cognitive Function and Health Related Parameters Among Older Adults, Research Collaboration On The Effect Of Quercetin Cream Administration on the Expression of  Nf-Kb, dan Interleukin-23 in Psoriasis in Mice (Mus Musculus) Balb/C Strains,” ujar Makky.

Lebih lanjut, ia menjelaskan ada empat judul riset lainnya yang sedang diusulkan untuk dibahas lebih jauh, seperti: Functional food development from natural products for specific diseases (diabetes, dementia/Alzheimer/cognitive function etc.), FRESH-B-YOUNG- a novel cosmeceutical multifunctional formulation for anti-anxiolytic and anti-aging, Insecticidal Activities of Essential Oils from Melaleuca Cajeput and Piper Aduncum Against Aedes Aegypti (Diptera: Culicidae), dan Spodoptera Frugiperda J. E. Smith (Noctuidae: Lepidoptera).

“Rencana kegiatan lain yang juga akan kami lakukan adalah sharing resources seperti penggunaan fasilitas laboratorium dan pengujian sampel, pelaksanaan MBKM melalui program credit earning, kelas kolaborasi/paralel, dan peningkatan jejaring kerja sama dengan para mitra dari kedua belah pihak,” paparnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan UNAND dan USM juga akan melakukan penjajakan dual degree dengan terlebih dahulu melakukan singkronisasi kurikulum untuk meningkatkan kesesuaian.

 “Insyaallah, kita akan melakukan seminar atau konferensi bersama dengan lokasi kegiatan bergantian di dua institusi, serta juga berencana mendatangkan pengajar ke masing-masing universitas satu sama lain,” sambungnya.

Senada dengan itu, Prof. Rizanda Machmud Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Andalas mengemukakan kedua belah pihak diharapkan dapat selalu menjaga komunikasi yang baik dalam rangka meraih kesuksesan dalam kerja sama ini. Ia juga berharap agar kedua belah pihak saling berbagi pengetahuan dan merangkul semangat kerja sama.

Lanjutnya, dengan tekad dan semangat yang kuat, maka akan dapat menghadirkan perubahan yang nyata dan berkelanjutan bagi pendidikan, penelitian dan masyarakat.

Prof. Rosminah, ketua delegasi USM menyatakan, kerja sama ini merupakan suatu langkah yang sangat baik bagi kedua belah pihak. “Kami sangat berbahagia sekali dengan adanya pelaksanaan kunjungan ini karena menghasilkan capaian kerja sama internasional sebanyak lima kegiatan dan juga peluang menambah dua kegiatan lainnya untuk kerja sama riset yang dananya berasal dari UNAND dan USM,” pungkasnya. (*)

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik