Bandung - Universitas Andalas turut berpartisipasi dalam kegiatan Education and Innovation Expo 2023 yang diselenggarakan oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Indonesia (MRPTNI). Kegiatan ini merupakan rangkaian dari ASEAN Higher Education Conference (AHEC) 2023 yang berlokasi di Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 24 – 26 Agustus 2023 dengan mengusung tema “Higher Education: A Catalyst for Growth”. Acara ini diikuti oleh beberapa perguruan tinggi di Indonesia dan negara di kawasan Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) lainnya.

Pelaksanaan kegiatan AHEC 2023, termasuk Konferensi & EduExpo ini, dilatarbelakangi oleh penunjukkan Indonesia sebagai ketua ASEAN 2023 yang merupakan salah satu bagian dari rangkaian kegiatan ASEAN lainnya.

Universitas Andalas membawa beberapa produk hasil inovasi dosen untuk dipromosikan dalam kegiatan pameran, seperti : Tinta Pemilu Organik dari Daun Gambir, Lepra Test, Covid-19 Multiplex, Lab CCScreen, Taxoplasma Detection Kit, HBV Detect, LR-HPV Screen, H Pylori Test, TB DX, Pneumopolex, CMV-Check.

Direktur Kerja Sama dan Hilirisasi Riset UNAND Dr. Eng Muhammad Makky mengatakan hasil inovasi dan riset dari dosen dan mahasiswa harus lebih dipromosikan, salah satunya melalui kegiatan pameran, exhibition dan kegiatan-kegiatan sejenisnya.

Berdasarkan penilaian Times Higher Education (THE) 2023, Universitas Andalas masuk ke dalam Top 10 University yang hasil risetnya paling banyak digunakan oleh industri. “Hal ini tentunya menjadi penyemangat dan juga motivasi bagi kita agar ke depan hilirisasi dan komersialisasi hasil hasil riset maupun inovasi dari dosen dan mahasiswa Universitas Andalas semakin banyak dimanfaatkan oleh berbagai pihak,” ujarnya.

Sementara itu, Prof. Mansyurdin Wakil Rektor I Universitas Andalas mengatakan kegiatan ini memberikan kesempatan untuk menampilkan program studi yang sudah mendapatkan akreditasi internasional maupun program studi yang dilaksanakan dalam bahasa Inggris.

Selain itu, pameran ini dikatakannya juga memberikan ruang bagi UNAND untuk dapat menawarkan berbagai program beasiswa internasional bagi seluruh peserta yang berasal dari negara-negara di kawasan ASEAN. (*)

Humas, Protokoler dan Layanan Informasi Publik