Padang (UNAND) - Stem Cell memiliki manfaat di bidang kesehatan terutama mengobati penyakit azlheimer, autoimun dan stroke. Seiring berkembangnya teknologi di bidang kesehatan, stem cell menjadi solusi potensial dalam mengurangi risiko berbagai penyakit tersebut. Berangkat dari hal ini, Program Magister Bioteknologi Universitas Andalas mengadakan workshop kesehatan tentang “Isolation and Characterization of Stem Cell” yang diadakan di Gedung Pascasarjana Lantai III UNAND, kampus Limau Manis, pada Kamis–Jumat (24-25/08).

Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai stem cell, jenis-jenis stem cell, pengolahan stem cell, hingga pemanfaatan stem cell dalam berbagai pengobatan alami. Diharapkan, kegiatan ini akan membentuk satu pemahaman yang benar tentang pentingnya mempelajari stem cell dari kacamata kesehatan.

Pada kegiatan yang dihadiri oleh mahasiswa serta alumni pascasarjana UNAND ini, hadir Nur Elida, S.Farm, Manager Laboratorium Sel Kultur  PT. InaLab Inovasi Teknologi sebagai pembicara yang membahas tentang “Basic Stem Cell”. Hadir pula Prof. Apt. Marlina, MS, Ph.D, Ketua Program Studi Magister Bioteknologi UNAND sekaligus Guru Besar Fakultas Farmasi yang berbicara tentang “Application of Stem Cell Technology”. 

Materi terakhir tentang karakteristik Mesenchymal Stem Cell diisi oleh Dr. rer. nat. Ikhwan Resmala Sudji, M.Si, Direktur Utama PT. InaLab Inovasi Teknologi sekaligus Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Perintis Indonesia (UPERTIS).

 

Humas, Protokol, dan Layanan Informasi Publik UNAND