Padang (UNAND) – Dalam upaya meningkatkan kolaborasi riset di bidang kesehatan, Universitas Andalas jalin kerjasama pendidikan dengan Sekolah Ilmu Kedokteran Universitas Sains Malaysia melalui penandatanganan Momerandum of Agreement (MoA) yang bertempat di Ruang Senat Lt.4 Gedung Rektorat UNAND Kampus Limau Manis pada Senin (28/8).

Penandatanganan MoA ini ditandatangani langsung oleh Rektor UNAND Prof. Yuliandri, SH, MH dengan Dekan Sekolah Ilmu Kedokteran Universiti Sains Malaysia terkait pertukaran mahasiswa dan staf, kolaborasi penelitian dan kolaborasi riset.

Penandatanganan MoA ini merupakan kerjasama antara Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Keperawatan dan Fakultas Kedokteran Gigi, dengan Sekolah Ilmu Kedokteran Universitas Sains Malaysia. Terdapat tiga tema besar kolaborasi riset; pertama, Kualitas Hidup Anak Disabilitas dan Tingkat Stress Orang Tua di Rehabilitasi Berbasis Komunitas. Kedua, Quertin atau senyawa kimia yang memiliki berbagai manfaat. Ketiga, Penelitian Berhenti Merokok di Tengah Kelangsungan Hidup COVID-19 dan Remaja Non-COVID-19.

Setelah penandatanganan MoA ini kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama oleh seluruh hadirin dari UNAND dan USM. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi yang dimoderatori oleh Direktur Kerjasama dan Hilirisasi Riset Dr. Eng. Muhammad Makky, dari UNAND disampaikan oleh Ketua LPPM Ir. Uyung Gatot S. Dinata dan Prof. Rizanda Machmud, M.Kes, sedangkan dari USM disampaikan oleh Dekan Sekolah Ilmu Kesehatan USM Prof. Dr. Wan Rosli Wan Ishak dan Prof. Dr. Rosminah Mohamed.

Dalam sambutannya, Rektor UNAND berharap terjalin kerjasama yang berlanjut terkhusus dalam bidang publikasi dan kolaborasi riset dalam menghasilkan penelitian yang berkualitas Internasional.

“Kami berharap dengan kedatangan rombongan peneliti dan dosen Sekolah Ilmu Kedokteran USM ini dapat menjadi langkah besar UNAND mencapai World Class University,” ujarnya.

Humas, Protokol, dan Layanan Informasi Publik UNAND