Padang (UNAND) – Program Sarjana dan Magister Ilmu Hukum Universitas Andalas jalani proses akreditasi internasional dari Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA) secara daring selama dua hari 6-7 Agustus 2024.

“Universitas Andalas terus berbenah diri dengan menerapkan dan memperoleh standar kualitas yang sesuai dengan standar internasional dan memberikan lebih banyak kesempatan kepada semua Program Studi (Prodi) untuk memenuhi standar global dan mempersiapkan diri untuk mengikuti penilaian oleh lembaga akreditasi internasional,” ujar Rektor Universitas Andalas Efa Yonnedi, Ph. D.

Dikatakannya, berdasarkan evaluasi terhadap kesiapan untuk memenuhi standar global, saat ini Universitas Andalas mengajukan Prodi S1 dan S2 Ilmu Hukum untuk dievaluasi oleh FIBAA.

Dengan demikian, diharapkannya Universitas Andalas mampu memenuhi kebutuhan stakeholder dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berkompeten di masa yang akan datang.

Rektor juga mendorong semua Prodi di Universitas Andalas untuk memenuhi standar global dan berpartisipasi dalam penilaian oleh lembaga akreditasi internasional di dunia.

“Dengan akreditasi internasional, Prodi dapat memberikan pendidikan yang lebih baik, membuka peluang lebih luas bagi mahasiswa dan lulusan, serta memperkuat posisi institusi pendidikan di kancah global,” ujar rektor yang didampingi oleh Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Prof. dr. Hardisman dan Dekan Fakultas Hukum Dr. Ferdi, SH, MH.

Sebelumnya, Prodi Sarjana dan Magister Ilmu Tanah Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Andalas juga telah menjalani penilaian Akreditasi Internasional Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik (ASIIN).

Adapun tim Expert Panel FIBAA terdiri dari Prof. Dr. Jan Friedrich Bruckermann, Prof. Dr. Daniela Heid, Dr. Ahmad Bunyan Wahib, Christoph Fay, Jan Gero Alexander Hannemann, dan Friderike Uphoff.

Turut hadir dalam proses akreditasi ini, Wakil Ketua MWA (Prof. Werry Darta Taifur), Wakil Rektor II (Dr. Hefrizal Handra), Wakil Rektor III (Prof. Kurniawarman), Wakil Rektor IV (Henmaidi, Ph. D), Direktur Kerja Sama dan Hilirisasi Riset (Dr. Eng. Muhammad Makky), Direktur Kemahasiswaan (Khandra Fahmi, Ph. D), Wadek I (Dr. Nani Mulyati) dan Wadek II (Dr. Hengki Andora). (*)

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik