Padang (UNAND) – Universitas Andalas kembali menyambut kedatangan mahasiswa baru tahun akademik 2024/2025 dalam acara Bimbingan Aktivitas Kemahasiswaan dalam Tradisi Ilmiah (BAKTI).

Acara yang berlangsung meriah di Gedung Auditorium kampus limau manis, dihadiri oleh ribuan mahasiswa baru dari berbagai Program Studi (Prodi) pada Rabu (7/8).

Rektor Universitas Andalas Efa Yonnedi, Ph. D mengucapkan selamat datang putra-putri terbaik bangsa dan selamat bergabung menjadi keluarga besar Universitas Andalas kepada seluruh mahasiswa baru.

Ia menekankan pentingnya mencintai dan senangi Prodi yang telah dipilih. "Cintai dan senangi prodi pilihanmu, itu akan menjadi langkah awal menuju kesuksesan akademik dan karier kalian di masa depan," ujar rektor.

Melalui bakti ia berharap mahasiswa baru apat mengenal Universitas Andalas dengan lebih baik, mengenal fakultas dan Prodi dengan lebih baik, menambah teman, apakah senior ataupun satu angkatan, membangun jaringan sejak dari awal.

“Karena kita tidak pernah tahu kesuksesan itu datang dari rekomendasi siapa, dari jaringan yang mana dan dari doa-doa siapa terutama doa orang tua,” imbuhnya.

Selama menjadi mahasiswa bangunlah jaringan dan ia berharap melalui BAKTI ini mahasiswa baru mendapatkan orientasi yang benar berdasarkan tradisi ilmiah dan intelektual.

Ia menginginkan mahasiswa baru Universitas Andalas sebagai agen anti kekerasan seksual, anti narkoba, anti LGBT, dan menjadi agen pembangunan perubahan.

Rektor juga menitipkan agar mahasiswa menjaga integritas akademik dan integritas moral. “Selama menjadi mahasiswa Universitas Andalas ada kode etik, patuhi dan ikutilah aturan yang ada,” tuturnya.

Ia yakin kurikulum yang dirancang untuk tamat tepat pada waktu, kurikulum dibuat untuk tamat empat (4) tahun jadi waktu tempuh sarjana 4 tahun, kalau tidak tamat 4 tahun kami yang harus introspeksi mungkin bimbingan, mungkin kurikulum perlu dirubah serta mahasiswa juga harus instrospeksi.

Sementara itu, Khandra Fahmi, Ph. D Direktur Kemahasiswaan Universitas Andalas mengemukakan BAKTI bertujuan memberkkan pembekalan mahasiswa baru agar lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan, sistem pendidikan.

Pelaksanaan PKKMB diawali dengan Training Andalasian Character (TAC) sebanyak delapan (8) gelombang dan BAKTI yang dibagi dengan dua (2) gelombang diikuti seluruh mahasiswa baru sebanyak 6.906.(*)

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik