Padang (UNAND) - Universitas Andalas merupakan salah satu perguruan tinggi yang menjadi sasaran bagi PT. Kilang Pertamina Internasional (KPI) dalam proses pengembangan Sumber Daya Manusia.

Hal itu, disampaikan langsung oleh Direktur Kerja Sama dan Hilirisasi Riset Universitas Andalas Dr. Eng Muhammad Makky pada Kamis (8/8) di Ruang Rapat Senat Gedung Rektorat Kampus Limau Manis.

Universitas Andalas telah melahirkan banyak lulusan yang sukses di berbagai bidang. “Salah satu bentuk pengakuan terhadap kualitas pendidikan dan potensi lulusan Universitas Andalas adalah kerja sama dengan berbagai perusahaan besar, termasuk PT. Pertamina,” ujarnya.

Pertamina, sebagai perusahaan energi nasional terbesar di Indonesia, memiliki komitmen kuat dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM). Dalam upayanya untuk memastikan keberlanjutan dan inovasi di sektor energi, Pertamina secara aktif mencari talenta-talenta terbaik dari berbagai perguruan tinggi, termasuk Universitas Andalas.

“Kami sangat berkomitmen untuk mendukung proses ini karena menyadari betapa pentingnya kolaborasi antara dunia pendidikan dan industri dalam mempersiapkan generasi muda yang siap kerja,” tutur Makky.

Disampaikannya, peran universitas bukan hanya sebagai lembaga pendidikan, tetapi juga sebagai mitra strategis bagi industri dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas.

Melalui sinergi ini, ia berharap dapat menciptakan lulusan yang tidak hanya memiliki pengetahuan yang mendalam, tetapi juga keterampilan yang relevan dengan kebutuhan pasar.

College shopping merupakan proses rekrutmen yang yang diinisiasi oleh PT KPI, berkolaborasi dengan perguruan tinggi tertentu, dengan persyaratan spesifik untuk mendapatkan talenta atau kandidat terbaik.

“Proses ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan dalam mengisi posisi jabatan atau mendukung pemenuhan proyek secara tepat dan efektif,” ujar Dewi Elok Human Capital Operation PT KIP.

Pada college shopping kali ini, PT KPI menyasar beberapa program studi di Universitas Andalas diantaranya baik itu dari Teknik maupun Non Teknik seperti Akuntansi, Managemen, Hukum, Psikologi, Humas/Komunikasi, dan Kesehatan Masyarakat.

Proses rekrutmen akan dilaksanakan secara tertutup berdasarkan data rekomendasi yang nantinya akan diberikan oleh Departemen atau jurusan.(*)

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik