Padang (UNAND) – Kantor Humas, Protokol, dan Layanan Informasi Publik Universitas Andalas mengadakan monitoring dan evaluasi (Monev) website seluruh unit dan fakultas di lingkungan universitas yang berlangsung selama dua hari, mulai Selasa, 20 Agustus 2024, di Ruang Sidang Senat Universitas Andalas.  

Kegiatan ini bertujuan untuk mengintegrasikan data Daftar Informasi Publik (DIP) ke dalam website PPID Pelaksana di lingkungan Universitas Andalas. Sekretaris Universitas Dr. Aidinil Zetra, S.IP., MA menekankan pentingnya penyeragaman dan pembaruan seluruh website fakultas dan unit kerja untuk memenuhi standar keterbukaan informasi yang berlaku.

Melalui kegiatan ini, diharapkan universitas dapat meningkatkan akuntabilitas dan transparansi sehingga masyarakat lebih mudah melakukan pengawasan. "Hal ini juga menjadi bagian dari evaluasi berkelanjutan yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan universitas," ujarnya. 

Ditambahkannya, keterbukaan informasi yang optimal tidak hanya berdampak pada peningkatan zona integritas universitas, tetapi juga penting dalam menjalin kerja sama dan kemitraan strategis. "Informasi yang akuntabel menjadi syarat mutlak dalam dunia kolaborasi dan bisnis, menjadikan pengintegrasian data ini sebagai langkah krusial untuk mendukung perkembangan dan reputasi universitas," tutur Aidinil. 

Diskusi dan pendampingan terkait pengelolaan website dilakukan secara intensif dengan kehadiran Tanti Endang Lestari, S.IP., MA, Wakil Ketua Komisi Informasi Pusat Sumatra Barat, yang memberikan arahan serta masukan berharga untuk menyempurnakan tata kelola informasi publik di Universitas Andalas. 

Untuk mendorong keseriusan dalam pengelolaan informasi, Kantor Humas juga akan mengadakan lomba pengelolaan website antar unit dan fakultas di lingkungan Universitas Andalas. Lomba ini diharapkan dapat memotivasi setiap unit untuk lebih serius dan proaktif dalam mengelola website mereka, sekaligus memastikan standar informasi yang disajikan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. (*)

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik